NewsProvinsi Kalsel

Cegah Karhutla, DTPH Kalsel Buat Tanggul

BANJARBARU – Kalimantan Selatan memasuki musim kemarau, Pemerintah Provinsi Kalsel pun sudah mulai melakukan pergerakan untuk meminimalisir kerusakan yang sangat ditakutkan saat musim kemarau, salah satunya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalsel, yakni membuat tanggul dan sekat bakar, di desa Tajau Landung, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, serta di Kabupaten Barito Kuala.

Demikian disampaikan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman, kepada Abdi Persada FM, Kamis (30/7).

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman.

Disampaikan Syamsir, untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang sering menyerang kebun milik para petani, pihaknya pun berinisiatif untuk membuat membuat tanggul dan sekat bakar di 2 kabupaten ini.

“Daerah-daerah tersebut merupakan hasil pemetaan kami ditahun-tahun sebelumnya, dimana di daerah tersebut, saat musim kemarau sangat sering terjadi kebakaran,” ungkap Syamsir.

Ditambahkan Syamsir, pembuatan tanggul dan sekat bakar sudah sesuai arahan dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, dimana paman Birin memerintahkan, agar SKPD terkait melakukan antisipasi dini untuk pencegahan Karhutla.

“Dan di samping kiri dan kanan tanggul nantinya, akan kami tanami bibit jeruk, dan bibit mangga buah kasturi, dengan harapan bibit-bibit tersebut dapat dipanen warga di kemudian waktu,” lanjut Syamsir.

Syamsir berharap agar para petani dimusim kemarau ini tidak membakar lahan dan kebun mereka, dikarenakan pembakaran lahan dan kebun harus mengikuti mekanisme yang sudah ditetapkan.

“Saat petani memanen padi, diharapkan agar memanen sampai batang bawah, sehingga tidak perlu lagi dilakukan pembakaran lahan untuk keperluan bercocok tanam selanjutnya,” tutup Syamsir. (MRF/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat