NewsProvinsi Kalsel

Pendapatan PAP Kalsel Capai 60,15 Persen

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali berhasil mencapai Pendapatan Asli Daerah (PAD) dileading sektor Pajak Air Permukaan (PAP) sebesar 60,15 persen khusus pertambangan di Kalimantan Selatan pada periode Juni 2020.

Kepala Bidang Pengelola Perpajakan Daerah Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalimantan Selatan Rustamaji mengatakan, keberhasilan pendapatan tersebut, dirinya mengakui bahwa dengan adanya kerjasama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Selatan pencapaian PAD pun bisa terealiasi dengan baik.

“Alhamdulillah, untuk PAP malah meningkat pada Juni 2020. Dimana peningkatan ini naik sebesar 60,15 persen,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, Selasa (28/7).

Dari realisasi pendapatan tersebut, lanjut Rustamaji, tidak lepas dari hasil kerja keras sejumlah Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) dengan pembina Samsat setempat.

“Keberhasilan dileading sektor ini, tidak luput dari usaha dan kerja keras teman-teman di UPPD Samsat yang memiliki potensi PAP,” paparnya.

Disamping itu pula, pencapaian pendapatan Pemerintah yang telah diterima oleh pihaknya sebesar Rp700 juta. Dimana, leading sektor pertambangan di Kalimantan Selatan cukup berpotensi besar untuk penambahan PAD selama pandemi COVID-19.

“Dari jumlah pencapaian PAP tersebut. Bahkan, Seluruh UPPD se Kalsel telah mendapatkan hasil dari daerahnya masing-masing meski dimasa pandemi COVID-19,” imbuhnya.

Dari potensi yang menjanjikan tersebut, Rustamaji pun menyebutkan bahwa dengan adanya sektor baru di 2019 yang dikelola oleh masing-masing UPPD se Kalimantan Selatan. Mulai dari presentase pendapatan hingga pencapaian Pajak Air Permukaan (PAP) yang telah dicapai Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, diharapkan dapat terus berkelanjutan.

“Pencapaian potensi PAP yang telah berhasil dikelola Pemerintah ini, semoga ditriwulan ke 3 bisa tercapai lagi,” pungkasnya. (RHS/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat