BanjarmasinNews

5 Jabatan Kosong di Banjarmasin Diusulkan ke Kemendagri

BANJARMASIN – Kekosongan jabatan terjadi di Pemerintah Kota Banjarmasin, tidak tanggung-tanggung di tahun 2020 ini ada 10 jabatan yang bakal kosong. Saat ini, Pemko Banjarmasin telah mengusulkan 5 dari 10 jabatan yang bakal kosong tersebut. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin Safri Azmi, kepada sejumlah wartawan, Rabu (1/7).

“Untuk Kota Banjarmasin saat ini ada 5 jabatan esselon 2 yang kosong di lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin, yang telah diusulkan ke Kemendagri,” ungkap Azmi.

Menurut Azmi, sebenarnya ada 10 jabatan yang bakal kosong, namun masih ada yang belum pensiun hingga Desember 2020 mendatang. Sehingga, yang dapat diusulkan saat ini hanya 5 jabatan yang kosong saja.

“Saat ini, jabatan yang kosong tersebut dipegang oleh Plt,” ucap Azmi.

Azmi mengatakan, mengingat saat ini menjelang pelaksanaan pilkada, maka mekanisme pengisian jabatan yang kosong tersebut relatif panjang.

“Selain minta izin ke Komisi ASN, kami juga meminta izin ke Kemendagri. Setelah, mendapatkan izin maka baru diperbolehkan melakukan lelang jabatan tersebut,” tutur Azmi.

Ditambahkan Azmi, sampai saat ini usulan dari Pemerintah Kota Banjarmasin tersebut, belum mendapatkan jawaban dari Komisi ASN dan Kemendagri.

Azmi juga menjelaskan jabatan Plt diperbolehkan lebih lama dari masa yang ditentukan, asalkan dalam situasi yang tidak normal. Menurut Azmi, saat ini situasi yang sedang terjadi di Kota Banjarmasin sedang menghadapi situasi pilkada. Atau dalam situasi yang tidak normal. Maka, untuk jabatan esselon 2 yang kosong bisa diisi oleh Plt.

“Seharusnya jika situasi normal, jabatan Plt diisi selama 3 bulan dan boleh diperpanjang pertiga bulan kembali, karena situasi saat ini tidak normal maka diperbolehkan lebih lama, karena diaturan kementrian tidak ada menyebutkan masa berlakunya,” ucap Azmi. (SRI/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat