NewsProvinsi Kalsel

Dispersip Kalsel Optimis, Program Reboxing Tahap Pertama Bisa Selesai Sebelum Akhir Tahun

BANJARBARU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) optimis program penggantian boks atau Reboxing tahap pertama bisa selesai akhir tahun ini. Mengingat hingga kini, sebanyak 3.000 boks dari 6.000 boks sudah diganti. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan Dispersip Kalsel, Alfazi kepada wartawan, Selasa (30/6).

“3.000 boks arsip yang sudah diganti itu merupakan bagian dari tahap pertama penggantian boks sebanyak 6.000 boks yang direncanakan bisa diselesaikan sebelum akhir tahun ini,” katanya.

Alfazi mengungkapkan penggantian boks arsip ini terus dilakukan sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini dengan menurunkan pegawai baik ASN yang dibantu tenaga kontrak agar mempercepat proses penyelesaian kegiatan.

“Kami optimis reboxing tahap pertama bisa selesai sebelum akhir tahun. Apalgai setiap hari rutin dikerjakan pegawai dengan sistem shift sehingga diharapkan bisa cepat selesai,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan penggantian boks arsip dilakukan satu persatu terhadap lebih dari 10.000 boks arsip yang tersimpan di tempat itu. Setiap boks diperiksa apakah layak diganti atau tidak, disamping juga dilakukan pemilahan berkas didalamnya.

“Selain untuk memudahkan pencarian arsip jika diperlukan, tujuan pemilahan juga untuk mengetahui Jadwal Retensi Arsip (JRA) yang akan menentukan waktunya sebuah arsip siap dimusnahkan,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie menyampaikan program reboxing itu dilakukan untuk efisiensi tempat disamping menekan biaya pemeliharaan karena boks yang sudah lama banyak yang rusak karena termakan usia.

Selain penggantian ribuan boks berkas arsip, Dispersip Kalsel juga melakukan perbaikan sarana dan prasarana di Depo Arsip milik Pemprov Kalsel yang terletak di dalam lingkungan Perkantoran Pemko Banjarbaru tersebut. (HUMDISPERSIP-NRH/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat