NewsProvinsi Kalsel

Pemprov Kalsel Berhasil Laksanakan Program PPA Ditengah COVID-19

BANJARBARU – Keberhasilan program bidang pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali menorehkan hasil memuaskan. Pasalnya, sejumlah kegiatan ditengah kondisi pandemi COVID-19 masih tetap bisa terealisasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Kalimantan Selatan, Husnul Hatimah mengatakan sejumlah program yang telah terlaksana dengan baik dan lancar meskipun sedang menghadapi ditengah maraknya penyebaran pandemi COVID-19 tidak menyurutkan beberapa kegiatan dari pihak Pemerintah daerah ini untuk tetap terus dilaksanakan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov. Kalsel, Husnul Hatimah.

“Sejumlah program yang telah terlaksana dari awal tahun dari Mei -Juni 2020 meski beberapa juga dilakukan secara virtual karena kondisi pandemi COVID-19, salah satunya temu koordinasi Satgas PPA dan perlindungan khusus anak,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, Senin (29/6).

Dikatakannya kembali, selain telah berhasil melaksanakan satu program yang disebukan sebelumnya. Husnul juga menyebutkan, kegiatan sosialisasi tentang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak pun terus digalakkan serta digaungkan oleh pihaknya sampai sekarang ini.

“Selain itu, ada kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan juga yakni Perda Nomor 11 Tahun 2018 dan Pergub Nomor 078 Tahun 2019 tentang tata cara rujukan lanjutan bagi perempuan kekerasan dan anak yang berhadapan hukum,” ungkap Husnul.

Lebih lanjut disampaikan, Husnul, dari tiga program kegiatan yang terealisasi, selanjutnya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Kalimantan Selatan juga telah mewujudkan sosialisasi tentang tata cara peningkatan kualitas hidup perempuan.

“Ini tertuang dalam Pergub 0100 Tahun 2019. Serta, kami juga sudah melaksanakan forum FJD perkawinan di empat Kabupaten/Kota, namun, kegiatan ini masih beberapa kali lagi akan kemabali gelar,” katanya.

Dalam hal ini, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Kalimantan Selatan juga telah merilis beberapa video dalam bentuk animasi untuk dijadikan sosilasasi sebagai sarana edukasi dan fasilitas bagi keluarga dalam mencapai tingkat keharmonisan dan kebahagian agar angka Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dapat melandai ditengah masa pandemi COVID-19 atau virus Corona.

“Semoga dengan adanya program yang dijalankan Pemerintah daerah melalui koodinasi dengan pusat, dapat membantu masyarakat dan berharap angka KDRT dapat terus menurun sampai menjadi nol,” harapnya.

Bahkan, pihaknya pun juga telah membuka dan menyediakan sarana konsultasi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bimbingan secara ekslusif ditengah wabah virus Corona yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Republik Indonesia dengan menekan digit angka 119 line 8 agar bisa mendapatkan layanan psikologi khusus kesehatan jiwa atau SEJIWA. (RHS/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat