BanjarNews

Satu Kontraktor PD Baramarta, Tunggak Bayar Pajak Alat Berat Selama 4 Tahun

BANJAR – Selama 4 tahun, satu kontraktor tambang yang bekerja di PD Baramarta, PT Madhani Talatah Nusantara, belum membayar Pajak Alat Berat sepeserpun. Hal tersebut disampaikan, Kepala UPPD Samsat Martapura, Zulkifli, kepada reporter Abdi Persada FM, belum lama tadi.

Disampaikan Zulkifli, terhitung sejak tahun 2016, terdapat satu perusahaan kontraktor tambang batu bara, yang hingga kini belum juga membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) alat berat.

“Sampai sekarang mereka belum membayar sepeserpun, terhitung dari 2016 PT Madhani Talatah Nusantara sudah menunggak selama 4 tahun dengan nilai sebesar Rp1,4 M,” ungkapnya.

Zulkifli menambahkan, selama 4 tahun tersebut, pihaknya mewakili Pemerintah Provinsi Kalsel, selalu menagih pembayaran pajak ketempat perusahaan kontraktor tambang batu bara tersebut, namun, perusahaan berkilah, bahwa alat berat tidak termasuk ke dalam jenis kendaraan bermotor karena operasinya ada di jalan tambang.

“Sebenarnya kami hanya menjalankan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah serta Perda Provinsi Kalsel Nomor 5 tahun 2011 tentang Pajak Daerah Provinsi Kalsel. Jadi kami hanya menjalankan undang-undang,” jelas Zulkifli.

Zulkifli menambahkan, pihaknya telah mengirim surat kepada Kontraktor tambang batubara tersebut, pada 2019 dan sampai saat ini belum ada balasan.

“Saat ini belum ada iktikad baik dari yang bersangkutan terkait penunggakan pajak tersebut, saat dihubungi juga belum ada jawaban. Sebenarnya kalau belum bisa melunasi masih bisa dicicil,” ujar Zulkifli.

Terkait sanksi, Zulkifli mengatakan, memang tidak ada sanksi bagi penunggakan pajak, sama halnya seperti kendaraan bermotor lainnya.

“Pajak ini merupakan bentuk kesadaran, karena mereka bekerja di wilayah Kabupaten Banjar maka harus membayar pajak sebagai bentuk timbal balik,” tutup Zulkifli. (MRF/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat