NewsProvinsi Kalsel

Kapolda Kalsel Kunjungi Kampung Tangguh Banua di 3 Kabupaten Pesisir

KOTABARU – Setelah pada Kamis (25/6) melakukan kunjungan kerja ke sejumlah Kampung Tangguh Banua (KTB) di kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu, kali ini pada Jum’at (26/6) Kapolda Kalimantan Selatan bersama unsur Forkopimda Kalsel  melanjutkan kunker ke wilayah kabupaten Kotabaru. Turut serta dalam rombongan Kapolda Nico Afinta ini, adalah Danrem 101/Antasari Firmansyah, Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Kalsel Sugian Noorbah, Plt Kepala BPBD Kalsel Roy Rizali Anwar, dan jajaran pejabat di lingkungan Polda Kalsel. Kedatangan rombongan di Kotabaru ini, disambut unsur Forkopimda Kotabaru, mulai dasi Bupati Kotabaru, Kapolres Kotabaru, Dandim 1004/Kotabaru, Danlanal Tanah Bumbu-Kotabaru, serta unsur  Forkompinda Kotabaru lainnya. Di Kotabaru ini, Kapolda beserta rombongan, berkesempatan  mengunjungi Kampung Tangguh Banua yang ada di desa Mega Sari dan desa Sarang Tiung.

Dalam sambutannya, Kapolda mengapresiasi kerjasama yang terjalin dalam pembentukan Kampung Tangguh Banua. Namun Ia mengimbau untuk lebih menggerakkan lagi peran serta masyarakat, karena di Kampung Tangguh Banua ini tidak hanya untuk menghadapi COVID-19 saja, tetapi dipersiapkan juga untuk menghadapi persoalan sosial lainnya. Diantaranya  terkait masalah keamanan, terutama jelang pemilu Desember 2020, serta masalah lainnya.

Sejauh ini menurut Kapolda, pemerintah sudah berupaya melakukan peningkatan kapasitas alat PCR, peningkatan kapasitas rumah sakit dan balai karantina, pembentukan kampung tangguh di seluruh wilayah.  Dengan cara ini, maka desa menjadi garda terdepan dalam menghadapi virus Corona. Namun yang pasti, penegakan disiplin protokol kesehatan menjadi langkah tepat dan efisien menangani masalah ini. Karena itu, peran serta masyarakat sangat diperlukan.

“Kehadiran kami di sini hanya untuk mendorong terwujudnya Kampung Tangguh Banua. Karena Polri dan TNI tidak bisa berbuat banyak tanpa adanya peran aktif masyarakat,” tuturnya

Sementara itu, Bupati Kotabaru Sayed Ja’far Al Idrus selaku tuan rumah, mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Kalsel dan rombongan, yang melakukan pengecekan Kampung Tangguh Banua di desa Mega Sari dan desa Sarang Tiung.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan ini, dan sejauh ini kamipun sudah memberikan  bantuan kepada 2 desa ini. Antara lain berupa bibit ikan lele, bibit jagung dan juga sayuran, demi mendukung desa menjadi mandiri, terutama saat menghadapi Pandemi COVID-19 ini,” ujarnya dalam sambutan di depan rombongan tamu dari provinsi Kalsel.

Apresiasi juga disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan Setdaprov Kalsel, terhadap pelaksanaan Kampung Tangguh Banua di kabupaten Kotabaru. Sugian Noorbah mengatakan, bahwa Pemprov Kalsel sangat berharap masyarakat di desa yang dikunjungi kali ini, dapat menerapkan apa yang disampaikan oleh Kapolda. Bahwa saat ini langkah paling tepat untuk melawan COVID-19 adalah disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Saat ini musuh terbesar adalah diri kita sendiri, dan kita harus kalahkan itu. Caranya adalah dengan menyesuaikan kehidupan saat ini dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Kami berharap desa ini juga dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di Kotabaru,” tutup lelaki yang sebelumnya menjabat sebagai kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kalsel tersebut. (HUMASPOLDA-RIW/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat