NewsProvinsi Kalsel

Dispersip Kalsel ‘Reboxing’ Ribuan Arsip Usang

BANJARBARU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, tahun 2020 ini terus melakukan penggantian ribuan boks berkas tempat penyimpanan arsip yang sudah usang dan rusak dengan boks baru. Aktivitas penggantian boks (reboxing) ini terlihat saat Abdi Persada mengunjungi kantor Depo Arsip milik pemerintah Provinsi ini di Banjarbaru, Rabu (27/5).

Kepada Adi Persada FM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel Nurliani mengatakan, penggantian ribuan boks ini untuk mendata dan mendaftarkan arsip-arsip yang akan dimusnahkan.
“Jadi selain mendata, reboxing ini juga dimaksudkan agar arsip-arsip ini lebih bersih, lebih bagus dan rapi. Karena boks yang sudah usang debu yang disebarkannya lebih banyak, sehingga lebih berisiko terhadap kesehatan,” jelasnya.

Sehingga menurut Bunda Nunung, reboxing tempat arsip itu perlu dilakukan, karena sebagai langkah untuk menyeleksi arsip-arsip lama yang bisa diproses untuk dimusnahkan karena sudah tidak memiliki nilai guna disamping masuk Jadwal Retensi Arsip (JRA).
“Target kami di 2021 nanti, atau paling tidak di APBD Perubahan 2020 ini, kami bisa memusnahkan 28.000 berkas,” tutupnya. (RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat