BanjarmasinNews

Masjid dan Mushola di Banjarmasin Bolehkan Gelar Takbiran

BANJARMASIN – Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina memperbolehkan warga kota ini, untuk melaksanakan takbiran di malam lebaran tersebut, dengan syarat tidak mengumpulkan atau diikuti orang banyak. Dan, tidak dilaksanakan di jalan raya.

“Karena pelaksanaan lebaran Idul Fitri saat ini, bersamaan dengan adanya penyebaran covid-19, maka warga diminta untuk dapat menahan diri, karena makna sesungguhnya dari puasa di bulan Ramadhan adalah, untuk menahan diri, agar kita semua dapat menahan diri, dan semoga dapat menjadi amal kebaikan,” ungkap Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, di Balaikota Banjarmasin, Jumat sore (22/5).

Oleh karena itu, lanjut Ibnu, ia meminta atas nama Pemerintah Kota Banjarmasin, agar dalam merayakan lebaran Idul Fitri, untuk tidak bertakbiran dengan cara yang berlebihan, dengan mengumpulkan orang banyak di masjid, apalagi sampai ke jalan. Tetapi tetap di masjid menyelenggarakan takbiran dari kaum dan panitia yang mengelola masjid dan mushola tersebut.

“Dengan di gaungkannya takbiran dari masjid dan mushola sehingga suasana lebaran Idul Fitri tetap ada di Kota Banjarmasin, hanya saja tidak di jalan jalan dengan mengumpulkan orang banyak, semoga ini dapat menjadi berkah untuk kita semua,” tutur Ibnu.

Kemudian, tambah Ibnu, untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri, sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) saja. Yakni, bahwa MUI telah membagi kriteria zona merah dan zona hijau.

“Zona yang terkendali dan zona tidak terkendali, dan bisa dikatakan untuk Kota Banjarmasin zona merah, sehingga ikuti saja fatwa MUI tersebut, agar sholat Idul Fitri di rumah saja, karena sudah ada panduan sholat tersebut dari MUI, pakai kutbah atau tidak, itu tidak mengurangi dari makna perayaan Idul Fitri sendiri, mudah-mudahan kita kembali fitri,” ujar Ibnu.

Dalam kesempatan tersebut, Ibnu juga mengucapkan terimakasih, untuk warga Kota Banjarmasin yang tetap ada di kota ini, tidak melaksanakan mudik, justru memanfaatkan momen ini, untuk saling mengenal tetangga masing masing. Seperti, bermaaf-maafan dengan tetangga, dan lainnya.

“Semoga Idul Fitri 1441 H ini, dapat membawa keberkahan bagi kita semua, dan jangan lupa kita berdoa semoga wabah pandemi Corona ini dapat hilang dari muka bumi ini,” pungkas Ibnu. (SRI/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat