NewsProvinsi Kalsel

Pemprov Kalsel Pastikan, Desember Pelaksanaan PILKADA 2020 Dimulai

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah memastikan untuk jadwal pelaksanaan kegiatan PILKDA 2020 bakal dimulai pada Desember mendatang, meski tengah menghadapi kondisi pandemi virus Corona.

Menurut Kepala Bidang Politik Bakesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan, Khairul Saleh, untuk mempersiapkan pelaksanaan PILKADA 2020 agar berjalan sukses walaupun ditengah kondisi pandemi COVID-19, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan juga telah menyiapkan sejumlah anggaran melalui APBD.

“Menjelang pelaksanaannya nanti kami juga telah menyiapkan anggaran kegiatan melalui APBD yang telah disiapkan, agar kegiatan ini bisa sukses dan maksimal,” ujarnya kepada Abdi Persada FM melalui sambungan telepon, Jumat (22/5).

Ia mengungkapkan sesuai prosedur yang ada dengan mengikuti aturan dari Pemerintah pusat, pihaknya pun telah melaksanakan rapat koordinasi dengan sejumlah instansi terkait, salah satunya KPU dan Bawaslu sebagai pelaksana teknis kegiatan PILKADA 2020.

“Sebelumnya kami juga sudah melakukan rapat koordinasi terkait persiapan pelaksanaan ini bersama dengan kepala SKPD terkait termasuk dengan KPU dan Bawaslu Kalsel,” ungkapnya.

Bahkan, Ia membeberkan untuk melakukan tahapan pelaksanaan tersebut Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menyerahkan sepenuhnya kepada KPU dan Bawaslu dengan tujuan kegiatan ini bisa lebih maksimal dan terealisasi.

“Kami dari Bakesbangpol Kalsel sebagai fasilitator saja dan menunggu hasil laporan yang dipersiapkan KPU dan Bawaslu sehingga eksekusinya pun yang berwenang tetaplah mereka walaupun sumber pendanaanya dari Pemprov Kalsel,” bebernya.

Khairul menambahkan, untuk anggaran  yang disediakan dalam pelaksanaan PILKADA 2020 pada Desember mendatang ini sudah hampir mencapai ratusan miliar dengan menggunakan dana alokasi dari APBD Pemerintah Kalimantan Selatan.

“Anggaran yang sudah diterima oleh KPU sudah turun sebelum masa pandemi virus Corona di Kalsel dan dijamin tidak ada pemangkasan dialokasi tersebut. Namun, apabila perlu penambahan maka melalui APBD Perubahan akan kami anggarankan,” pungkasnya. (RHS/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat