25 Oktober 2021

DPRD Kalsel Usulkan Aspirasi Masyarakat Pada Virtual Meeting Musrenbang

2 min read

Ketua DPRD Kalsel, Supian HK mengikuti Virtual Meeting Musrenbang Kalsel.

BANJARMASIN – Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Supian HK didampingi oleh Sekretaris Dewan, A.M Rozaniansyah mengikuti kegiatan Virtual Meeting Musrenbang Provinsi  Kalimantan Selatan Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan , Selasa (28/4).

Kegiatan ini diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalsel, Anggota DPD RI dan DPR-RI Dapil Kalsel, Para Pimpinan Komisi DPRD Kalsel, Sekretaris Daerah Kalsel, Pejabat Eksekutif, Staf Khusus Gubernur, Pejabat Instansi Vertikal, Bupati dan Walikota serta Akademisi, Tokoh Masyarakat, LSM dan pimpinan perusahaan yang mewakili instansinya masing-masing.

Dalam sambutannya, Supian HK mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpatisipasi dalam rangkaian Musrenbang di Provinsi Kalsel yang dilakukan secara virtual ini. Menurutnya, peran strategis DPRD dalam Musrenbang RKPD kali ini yang mengambil tema “Memacu Daya Saing Perekonomian Yang Didukung Sumber Daya Manusia Berkualitas, Manusia Berkualitas” telah diatur tahun 2017 pasal 178. Bahwa DPRD dalam penelaahan Pokok-Pokok Pikiran DPRD yang merupakan kajian permasalahan pembangunan daerah yang didapat dari Risalah Rapat dengar pendapat (RDP), maupun saat turun ke lapangan dalam penyerapan aspirasi masyarakat atau kegiatan Reses DPRD.

“Pokok-pokok pikiran DPRD Kalsel telah ditetapkan melalui Rapat Paripurna pada 23 April 2020 yang lalu. Selanjutnya kami sampaikan Pokok-Pokok Pikiran tersebut kepada Gubernur Kalsel melalui Bappeda. Sebagaimana lembaga legislatif, DPRD mengharapkan agar Pokok-Pokok Pikiran dimaksud dapat ditindaklanjuti sebagaimana ketentuan yang berlaku demi terlaksananya aspirasi masyarakat banua untuk menciptakan kesejahteraan banua Kalimantan Selatan. Ditengah pandemi Covid-19 yang melanda Banua kita, harapan kita bersama, kita bersama bersatu melawan pandemi ini. Tugas kita bersama antara eksekutif untuk terus menganggarkan secara berkesinambungan, anggaran maupun kegiatan-kegiatan dalam  penanganan khusus pandemi Covid-19 ini,” tambahnya.

Supian berharap Musrenbang ini bisa menjadi salah satu prinsip yang harus dilakukan dalam penyelenggaraan otonomi daerah dengan ditandai dengan pemberian sebagian kewenangan Pemerintah Daerah. Contohnya memberikan keleluasaan bagi daerah untuk menyelenggarakan pembangunan berdasarkan kebutuhan permasalahan inisiatif daerah, partisipasi masyarakat untuk terlibat sejak awal dalam perencanaan hingga pada pelaksanaan dan pengawasan  pembangunan daerah merupakan tanggung jawab bersama masyarakat, pejabat publik dan birokrasi lebih cepat lagi di tahun 2021.

Di akhir sambutannya, Supian HK berharap selaku unsur penyelenggara pemerintah Daerah, semua pihak selalu optimis dan mendukung penyelenggaraan pemerintah. Karena keberhasilan Pemerintah Daerah dalam menjalankan pemerintahan tidak lepas dari peran strategis DPRD, demikian juga sebaliknya, keberhasilan DPRD dalam melaksanakan fungsi DPRD tidak lepas dari peran pemerintah daerah. (HumasDPRDKalsel/NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?