28 Oktober 2021

Buka Musrenbang 2021 Secara Virtual, Ini Arahan Paman Birin

2 min read

Gubernur Kalsel (kiri) saat membuka Musrenbang 2021 secara virtual pada Selasa (28/4).

BANJARBARU – Selama masa pandemi COVID 19 saat ini, seluruh kegiatan yang melibatkan orang dalam jumlah banyak, harus ditiadakan. Termasuk sejumlah agenda pemerintah provinsi, yang seharusnya mengundang seluruh unsur SKPD lingkup pemerintah provinsi, hingga kabupaten kota. Salah satunya adalah Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kalimantan Selatan tahun 2021. Namun keterbatasan ini, ternyata tidak menghalangi dilaksanakannya agenda Musrenbang tersebut. Terbukti pada Selasa (28/4) agenda besar provinsi itu tetap dilaksanakan secara virtual melalui fasilitas yang ada di Command Center, kantor Setdaprov Kalsel, di kota Banjarbaru. Bahkan acara ini dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor. Para pesertanya pun hadir secara virtual, untuk mendengarkan arahan yang disampaikan orang nomor satu di Kalimantan Selatan tersebut.

Dalam arahannya kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan seluruh stake holder yang berhadir secara virtual, Paman Birin (sapaan khas gubernur Kalsel)  menekankan, untuk menyusun rencana dan program yang memfokuskan pada kegiatan pemulihan pasca pandemi COVID 19. Persoalan ini agar dicermati dengan baik oleh segenap satuan kerja perangkat daerah, baik di tingkat  pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

“Rencanakan program dan kegiatan yang mampu mempercepat pemulihan pasca pandemi. Baik pemulihan secara ekonomi, sosial maupun kesehatan,” tegasnya.

Menurut gubernur, dampak pandemi ini sangat luas. Termasuk adanya tindakan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan merumahkan karyawan yang dilakukan sejumlah perusahaan. Bahkan ada pula perusahaan yang terpaksa memangkas separo gaji karyawannya, demi dapat terus bertahan di tengah pandemi.

“Sektor UMKM juga ikut terpuruk.  Munculnya permasalahan sosial, seperti kemiskinan dan pengangguran, ini harus menjadi perhatian kita semua,” ujarnya.

Oleh karena itu, sekali lagi gubernur menekankan, agar seluruh pihak harus berupaya maksimal, untuk memulihkan bagi yang terdampak pandemi COVID 19.

“Kita harus bangkit, kita bantu perusahaan, Usaha Kecil dan Menengah agar dapat bangkit kembali dari keterpurukan, kita dorong para pemilik modal untuk berinvestasi di Kalsel, sehingga perekonomian di daerah kita bisa tumbuh dan kembali stabil,” pinta Paman Birin.

Lebih lanjut gubernur juga mengingatkan kepada bupati dan walikota serta seluruh kepala SKPD di Kalsel,  agar perencanaan pembangunan disusun secara terpadu, terintegrasi dan selaras antara pembangunan nasional dan daerah.

“Tetapkanlah skala prioritas, kita harus mengoptimalkan kebijakan money follow program, isu lainya adalah yang kami serap langsung dari rakyat saat turun ke desa-desa maupun hasil reses anggota DPRD, mesti kita kolaborasikan dalam program dan kegiatan di masing-masing sektor pembangunan,” tutupnya.

Perlu diketahui, Musrenbang 2021 kali ini mengangkat tema mendorong investasi untuk transformasi ekonomi Kalsel sebagai gerbang ibu kota negara. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?