20 Oktober 2021

Samsat Martapura Manfaatkan Samkel Sebagau Layanan Pendukung Kantor Induk

2 min read

Petugas di UPPD Samsat Martapura saat sedang melayani masyarakat wajib pajak dengan menggunakan fasilitas Samsat Keliling (Samkel) di kantor induk.

BANJAR – Demi meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat ditengah merebaknya wabah virus Corona di Kabupaten Banjar, UPPD Samsat Martapura manfaatkan mobil Samsat Keliling (Samkel) menjadi fasilitas pelayanan pendukung bagi wajib pajak yang ingin melakukan perpanjangan STNK baik secara manual ataupun online.

Kepala UPPD Samsat Martapura, Zulkipli.

Kepala UPPD Samsat Martapura, Zulkipli mengatakan walaupun kondisi sekarang ini memaksa pihaknya harus menghentikan sementara pelayanan unggulannya. Namun, tidak membuat unit pelayanan khusus masyarakat tersebut putus asa, pasalnya Samkel yang biasanya dimanfaatkan untuk melayani masyarakat yang jauh dari kantor induk sekarang di alih fungsikan menjadi loket khusus untuk layanan perpanjangan STNK baik secara manual ataupun online.

“Walaupun Samsat Keliling (Samkel) telah menjadi layanan unggulan kami karena akibat Covid-19 terpaksa sementara dihentikan. Akan tetapi, ternyata dengan adanya Samkel yang dialih fungsikan menjadi loket tambahan sangat membantu sekali dalam melayani masyarakat,” ujar Zulkipli kepada Abdi Persada FM diruang kerjanya, Jumat (17/4).

Petugas di UPPD Samsat Martapura saat melakukan pengecekkan suhu tubuh kepada wajib pajak.

Lebih lanjut disampaikan Zulkipli, dengan adanya pelayanan loket khusus ini dapat memudahkan masyarakat dan pegawainya agar tidak terjadi kerumunan terlalu banyak karena pihaknya pun saat ini sudah menerapkan sosial distancing dan physical distancing agar penyebaran virus corona dapat diminimalisir.

“Dengan adanya Layanan ini sangat membantu sekali agar kerumunan tidak terjadi dan kami pun sudah menerapakan hal itu agar virus corona dapat dihindari,” imbuhnya.

Bahkan, Ia menyampaikan agar masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung apabila ingin mengurus perpanjangan pajak ke UPPD Samasat Martapura melalui fasilitas Samsat Keliling, karena para petugas selalu siap mengarahkan dan memberikan informasi yang lengkap terkait pembayaran wajib pajak kendaraan bermotor.

“Untuk pelayanan, sampai saat ini masih berjalan lancar walaupun kondisi pandemi juga mempengaruhi. Tetapi, masyarakat Kabupaten Banjar masih tetap antusias dalam melakukan pembayaran wajib pajaknya baik melalui loket induk maupun di fasilitas Samkel kami,” ungkapnya.

Kendati demikian, Ia menyebutkan walaupun hanya memiliki dua mobil Samsat Keliling. Setidaknya, UPPD Samsat Martapura sudah dapat memaksimalkan agar pemasukkan PAD tetap berjalan sesuai target yang telah ditentukan dan disepakati oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Saat ini kami mempunyai dua fasilitas mobil Samkel untuk bisa dimanfaatkan menjadi loket khusus dalam melayani masyarakat untuk melakukan perpanjangan STNK dan kami juga melayani secara manual dan online,” tutur Zulkipli.

Untuk diketahui, selain melakukan penerapan sosial distancing dan physical distancing di kantor induknya, UPPD Samsat Martapura juga memberikan fasilitas cuci tangan dan masker gratis untuk masyarakat wajib pajak yang melakukan pembayaran. Bahkan, pihaknya pun juga sudah memiliki thermo scanner serta bilik sterilisasi dengan menggunakan cairan sabun antiseptik yang aman bagi manusia. (RHS/RDM/RHD)

0 thoughts on “Samsat Martapura Manfaatkan Samkel Sebagau Layanan Pendukung Kantor Induk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?