20 Oktober 2021

BBTKLPP Banjarbaru Terus Lakukan Uji Sampel Covid-19

2 min read

Kegiatan di Laboratorium BBTKLPP Banjarbaru.

BANJARBARU – Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru kembali menerima 139 sampel untuk penanganan wabah virus corona di Kalimantan Selatan.

Plt Kepala Pelaksana BBTKPP Banjarbaru, Hamidi.

Plt Kepala Pelaksana BBTKLPP Banjarbaru, Hamidi mengatakan untuk sampel yang telah diterima pihaknya merupakan hasil dari sejumlah kiriman dari rumah sakit rujukan khusus covid-19 di seluruh Kalimantan Selatan.

“Kemarin alatnya sudah datang pada 4 April lalu dan sudah berjalan sesuai intruksi Kemenkes RI. Bahkan, kami sudah menerima 139 sampel dari seluruh rujukan rumah sakit mulai dari ODP, OTG dan PDP,” ujar Hamidi kepada Abdi Persada FM diruang kerjanya, Selasa (14/4).

Lebih lanjut disampaikan Hamidi, untuk sampel yang telah diterima pihaknya sebelum masuk ke Laboratorium pengujian agar lebih tetap aman, BBTKLPP Banjarbaru terlebih dahulu menggunakan disinfektan untuk membunuh virus tersebut dengan melakukan penyemprotan.

Kantor dan Lab BBTKLPP Banjarbaru menjadi Penanganan Khusus Covid-19 di Kalimantan Selatan.

“Jadi, kami pun juga mengantisipasi agar sampel ini juga tidak mengenai pihak penelitian bahkan untuk mengeluarkan barang kiriman ini perlu adanya tenaga ahli yang membawanya,” tutur Hamidi.

Ia mengungkapkan, saat ini untuk tim yang ditempatkan Laboratorium dengan dibantu oleh mahasiswa dari Fakultas Kedokteran ULM dalam melaksanakan uji penanganan Covid-19. Bahkan, BBTKLPP Banjarbaru sudah memiliki tim khusus 4 orang untuk menangani penerimaan sampel sebelum masuk ke pengujian Laboratorium.

“Alhamdulillah, kami sudah memiliki tim khusus 4 orang termasuk bantuan dari mahasiswa ULM khusus menangani laboratorium sisanya untuk penanganan barang datang sebelum melakukan pengujian,” ungkap Hamidi.

Meski demikian, Ia kembali menyampaikan bahwa untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) sudah mencapai 1.239 serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sementara mencapai 19 dan Dalam Perawatan berjumlah 27 orang, maka apabila diakumulasikan setiap harinya sampel akan berjumlah hampir 200 lebih yang akan di uji oleh pihak BBTKLPP Banjarbaru.

“Melihat rilisan dari tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan untuk penambahan sampel pun pasti akan kembali bertambah, kemarin kami sudah menerima sampel 50 lebih yang datang dan sekarang sudah berjumlah 139 sampel,” ucap Hamidi.

Untuk diketahui, BBTKLPP Banjarbaru saat ini masih fokus dalam melakukan pengujian laboratorium untuk mengetahui hasil tersebut, mengingat apakah ODP dan OTG juga memiliki potensi sebagai penjangkit virus corona ke warga yang dinyatakan sehat. Untuk melihat hasil tersebut, pihaknya juga harus melakukan pengujian laboratorium selama 6 hingga 7 jam setiap harinya. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?