20 Oktober 2021

DPRD Kalsel Dukung Pemprov Refokusing Anggaran Untuk Percepatan Penanganan Covid 19

2 min read

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi.

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melakukan refokusing anggaran beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk percepatan penanganan Covid 19 sebesar Rp200 miliar. Hal itu terungkap dalam rapat kerja Wakil Rakyat Provinsi bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 di Gedung Dewan, Kamis (9/4).

Meskipun menyetujui hal tersebut, tetapi Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi yang akrab disapa Paman Yani ini mewanti-wanti agar penggunaan anggaran refokusing tersebut nantinya dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang berlaku.

“Kita tidak ingin ada kejadian beberapa tahun yang lalu terkait wabah flu burung, banyak kepala daerah bahkan pihak Kementerian sendiri terjerat kasus hukum. Jangan sampai hal ini terjadi lagi,” jelasnya.

Selain Pemprov, Wakil Rakyat Provinsi Kalsel pun juga melakukan pengalihan anggaran sekitar Rp14 miliar untuk penanganan Covid 19. Anggaran tersebut diambil dari dana yang disiapkan untuk perjalanan Pimpinan dan Anggota Dewan keluar negeri yang batal dilaksanakan sebesar Rp7 miliar. Sedangkan sisanya diambil dari efisiensi anggaran lainnya termasuk dari pos anggaran perjalanan dinas dalam negeri 55 Anggota Dewan Kalsel yang diminimalkan di bulan Maret dan April 2020.

Dalam rapat tersebut juga mencuat usulan dari Anggota Dewan untuk membantu Pemerintah melalui kegiatan reses. Karena berkaitan dengan permasalahan wabah virus Corona ini, DPRD Kalsel juga ikut bertanggung jawab untuk turut serta dan saling berdampingan secara bersama sama dengan Pemerintah Daerah untuk menangani penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus Covit-19 demi menjaga keselamatan dan keamanan warga masyarakat di Banua.

“Banyak masyarakat yang menjadi konstituen bertanya apa yang bisa dilakukan Wakil Rakyat dalam upaya. Padahal mungkin tanpa sepengetahuan mereka, Dewan juga sudah banyak melakukan hal-hal yang sifatnya koordinasi untuk mendorong pemerintah agar melakukan langkah-langkah dalam upaya penanganan virus asal Wuhan tersebut,” jelas Paman Yani. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?