28 Oktober 2021

Dinyatakan Sembuh, Ulin 13 Minta Pemerintah Berikan Insentif Besar Untuk Tenaga Medis

3 min read

Juru bicara GTPPP COVID 19 Kalimantan Selatan.

BANJARMASIN – Setelah berjibaku selama kurang lebih satu bulan dengan virus Corona atau COVID 19, kabar gembira itu akhirnya datang juga menghampiri gugus tugas pencegahan pengendalian dan penanganan (GTPPP) COVID 19 Kalimantan Selatan pada Rabu (8/4). Dua pasien yang sudah menjalani perawatan intensif di RSUD Ulin Banjarmasin selama dua pekan lebih, akhirnya dinyatakan sehat berdasarkan hasil PCR yang menunjukkan negatif. Mereka adalah Ulin 9, wanita usia 50 tahun asal kota Banjarmasin, dan Ulin 13, laki-laki usia 21 tahun asal kabupaten Tabalong.

“Alhamdulillah, saya sampaikan puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan saya kesembuhan. Dan untuk pasien di rumah sakit Ulin dan di seluruh Indonesia, tetap semangat dan berpikir positif, pasti sembuh. Untuk masyarakat, selalu jaga kebersihan, rajin cuci tangan, patuhi aturan physical distancing dan tetap berada di rumah,” demikian isi pesan yang disampaikan Ulin 13, usai dinyatakan sembuh dari virus Corona.

Dalam pesan yang direkam oleh petugas medis di RSUD Ulin Banjarmasin tersebut, laki-laki usia 21 tahun asal Tabalong itu juga mengucapkan terima kasih kepada aparat dokter, dan petugas medis yang telah merawat dirinya dan pasien lainnya,  dengan sepenuh hati. Ia menganggap mereka semua adalah pahlawan.

“Harapan saya, semoga pemerintah memberikan apresiasi berupa bonus lebih kepada paramedis sekalian. Terakhir untuk kita semua, mari lawan COVID 19 bersama-sama,” tutupnya.

Sementara itu, menurut juru bicara GTPPP COVID 19 Kalimantan Selatan Muhammad Muslim, dengan sembuhnya 2 pasien positif ini, maka tersisa 14 pasien yang dirawat di 2 rumah sakit rujukan COVID 19 di Kalimantan Selatan. Yakni RSUD Ulin dan RSUD Muhammmad Anshari Saleh (MAS) Banjarmasin. Dimana 13 pasien dirawat di ruang isolasi Bougenville RSUD Ulin Banjarmasin, dan sisanya 1 pasien dirawat di RSUD Muhammmad Anshari Saleh Banjarmasin.

“Khusus untuk pasien positif, kita beri pengkodean baru untuk memudahkan pendataan. Yakni Kscovid-01 dan seterusnya. Saya dapat sampaikan, bahwa kondisi pasien terkonfirmasi positif yang dirawat di RSUD Ulin, sebagian besar dalam kondisi stabil, kecuali kscovid-06, kscovid-19 dan kscovid-20, masih mengalami sesak nafas. Sedangkan satu pasien yang dirawat di RSUD Muhammmad Anshari Saleh Banjarmasin, juga dalam kondisi stabil. Begitu pula 3 kasus terkonfirmasi positif yang menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing dalam kondisi stabil, dan terus dalam pengawasan ketat petugas kesehatan didaerahnya,” urai lelaki yang juga menjabat sebagai kepala dinas kesehatan provinsi Kalsel tersebut.

Hingga Kamis (9/4) jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat disejumlah rumah sakit di Kalsel, mencapai 18 orang, atau ada penambahan sebanyak 4 orang dibanding kondisi Rabu (8/4). Penambahan itu berasal dari kabupaten Tapin.

Berdasarkan daerah asal, maka jumlah PDP paling banyak berasal dari Banjarmasin 7 pasien, Tapin 4 pasien, Barito Kuala dan kota Banjarbaru masing-masing 2 pasien, serta kabupaten Banjar, Tanah Bumbu dan Balangan masing-masing 1 pasien.

Data gugus tugas P3 COVID 19 Kalimantan Selatan pada Kamis (9/4) juga memperlihatkan adanya kenaikan pada jumlah orang dalam pemantauan (ODP). Semula pada Rabu sore (8/4) jumlahnya 1.133 ODP, naik menjadi 1.207 pada Kamis pagi (9/4). Dengan kata lain ada penambahan sebanyak 74 ODP baru di seluruh Kalimantan Selatan. Kenaikan yang sangat mencolok terjadi di kabupaten Tanah Bumbu, dari semula sebanyak 202 ODP naik tajam menjadi 267 ODP. Kenaikan ini menempatkan kabupaten Tanah Bumbu di posisi teratas jumlah ODP terbanyak di Kalsel. Disusul kota Banjarbaru 221 orang, dan kota Banjarmasin 206 orang. Sementara kabupaten Tapin menjadi daerah yang paling sedikit jumlah ODP nya, yakni 12 orang, kemudian Batola 18 ODP dan Hulu Sungai Utara 24 orang. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?