16 Oktober 2021

Demi Penanganan Covid-19, KNPI Banjar Gelar Aksi Donor Darah

2 min read

Meski wabah corona, Masyarakat tetap antusias mendonorkan darahnya.

BANJAR – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Banjar menggelar kegiatan aksi sosial donor darah yang bertempat di Sekretariat PMI Unit Tranfusi Darah Kabupaten Banjar, Rabu (8/4). Hal ini dilakukan agar stok darah khusus bagi wilayah Kabupaten Banjar dapat diantisipasi.

Tim tranfusi darah PMI sedang mendata pendonor yang mayoritas dari masyarakat dan Pengurus KNPI.

Menurut Ketua KNPI Kabupaten Banjar,  Chairil Anwar, menyikapi merebaknya penyebaran virus corona di Kalimantan Selatan. Membuat Ia prihatin dengan musibah ini, apalagi stok darah di PMI sempat mengalami kekurangan. Maka, pihkanya berinisiatif menggelar kegiatan tersebut sebagai bentuk inisiasi mereka dalam membantu tim medis untuk mengantisipasi kekurangan itu.

Ketua KNPI Kabupaten Banjar, Chairil Anwar (tengah) saat memantau kegiatan donor darah di Sekretariat PMI Unit Transfusi Darah Kabupaten Banjar.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan aksi sosial ini dapat mengantisipasi kekurangan stok darah di Kabupaten Banjar,” ujar Chairil kepada Abdi Persada FM saat pelaksanaan kegiatan donor darah di Sekretariat PMI Unit Tranfusi Darah Kabupaten Banjar.

Ia mengungkapkan, harapannya kegiatan ini dapat membantu tim medis agar ketersediaan stok darah di Kabupaten Banjar dapat terus terpenuhi, Ia juga menghimbau agar masyarakat dapat ikut berpatisipasi sehingga tidak perlu takut untuk keluar rumah.

“Kami berharap, semoga dengan bantuan ini dapat membantu masyarakat khususnya dalam penyediaan stok darah di PMI,” ungkapnya.

Selain itu, akibat wabah virus corona yang sudah menyebar di wilayah Kabupaten Banjar ini, Chairil pun mengatakan untuk tetap melaksanakan himbauan yang dari Pemerintah agar terus berada didalam rumah apabila tidak ada keperluan.

“Laksanakan lah anjuran yang sudah dihimbau oleh Pemerintah agar dapat terhindar dari virus tersebut yang saat ini menjadi ke khawatiran masyarakat di Kalimantan Selatan,” ungkap Chairil.

Kendati demikian, Chairil menambahkan agar stok darah dapat terus terpenuhi, Ia kembali mengharapkan adanya peran serta masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial tersebut agar ketersediaan tranfusi darah bukan hanya di wilayah Kabupaten Banjar saja  yang lengkap tetapi di daerah lain pun juga perlu menerapkan program ini.

“Dalam membantu meringankan tim medis yang sedang berjuang saat ini, kami pun berinisiasi agar kedepannya kegiatan sosial ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kalsel khususnya di wilayah Kabupaten Banjar,” imbuhnya.

Untuk diketahui, saat ini PMI Kabupaten Banjar telah menerima bantuan 72 kantong darah untuk stok ketersediaan bagi masyarakat ataupun tim media yang memerlukan. Mengingat percepatan penyebaran wabah virus corona saat ini banyak membuat kerugian cukup besar di semua leading sektor usaha baik melalui Pemerintahan maupun swasta. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?