20 Oktober 2021

Disdukcapil Kalsel Berlakukan Sistem Pelayanan Adminduk Online

2 min read

Pelayanan Adminduk secara online sudah diberlakukan di 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

BANJARBARU – Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil KB) Provinsi Kalimantan Selatan telah resmi memberlakukan sistem pelayanan Administrasi Pencatatan Kependudukan (Adminduk) secara online di seluruh wilayah Kalimantan Selatan.

Kepala Disdukcapil dan KB Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti mengatakan hal ini bertujuan dalam rangka membantu meminimlisir angka penyebaran virus corona di Kalimantan Selatan di sektor bidang pelayanan publik, mengingat batasan untuk melakukan aktivitas dikerumunan harus dikurangi.

Kepala Disdukcapil Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti.

“Maka dari itu, untuk mengapresiasi hal tersebut kami harus menerapkan sistem online agar angka penyebaran virus corona dapat diminimalisir,” ucap Kadisdukcapil Kalsel, Irfan kepada reporter Abdi Persada FM diruang kerjanya, Senin (6/4).

Kemudian, Ia menyampaikan percepatan wabah pandemi covid-19 yang semakin mengkhawatirkan di wilayah Kalimantan Selatan menjadi alasan utama pihaknya untuk menerapkan sistem tersebut agar peningkatan angka corona tidak akan bertambah.

“Jadi, melihat angka yang semakin bertambah maka kami Disdukcapil Kalsel sebagai fasilitator bagi Kabupaten/Kota di Kalsel agar tidak menjalar ke masyarakat lain, maka pembatasnya yakni dengan cara sistem online tadi,” ungkapnya.

Kemudian, Irfan membeberkan bahwa sistem yang diberlakukannya kepada 13 Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Selatan tersebut sudah bisa diakses melalui website masing-masing Disdukcapil daerah domisili berasal, dengan harapan pemberlakuan ini bisa menjadi lebih maksimal.

“Tinggal klik link website dari Disdukcapil masing-masing daerah, dan isi form yang ada disana. Selain itu, apabila masyarakat ingin melakukan via pesan whatsapp pun juga bisa,” bebernya.

Kendati demikian, sistem online yang diberlakukan pihaknya saat ini juga akan tetap melaksanakan sosialisasi terkait adiminstrasi Pencatatan Kependudukan (Admiduk) dimasing-masing Disdukcapil di 13 Kabupaten/Kota.

“Karena ini sangat penting, mengingat masih banyak yang gaptek tentu ini menjadi pertimbangan kami, maka sosialisasi lah terpenting saat ini. Alhamdulillah, sistem ini sangat diapresiasi oleh masyarakat,” tuturnya.

Untuk diketahui, selain memberlakukan sistem pelayanan online, Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil dan KB) Kalimantan Selatan juga memberikan layanan antar jemput yang telah bekerjasama dengan POS Indonesia apabila khawatir untuk keluar rumah dalam mengurus pemberkasan terkait pelayanan pembuatan Akta Kelahiran (AK) dan Kartu Keluarga (KK). Namun, untuk kepengurusan penyelesaian E-KTP harus dilakukan secara tatap muka. Bahkan, saat ini pihaknya sudah memberlakukan sosial distancing dan jam pembatasan pelayanan dengan tujuan penyebaran virus corona dapat di antisipasi. (RHS/RDM/RHD)

1 thought on “Disdukcapil Kalsel Berlakukan Sistem Pelayanan Adminduk Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?