20 Oktober 2021

Pasokan Ikan Laut Melimpah, Harga Turun Daya Beli Masyarakat Juga Turun

1 min read

Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Banjarmasin, Rusdi Hartono.

BANJARMASIN – Untuk ketersediaan pasokan ikan laut di Provinsi Kalimantan Selatan cukup, meski saat ini sedang marak penyebaran virus corona. Hal ini disampaikan Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Banjarmasin Rusdi Hartono kepada Abdi Persada FM, Senin (30/3).

“Alhamdulillah, sampai saat ini, untuk kapal penangkap ikan yang masuk ke UPTD Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Banjarmasin, tidak berkurang, tetap normal, bejalan seperti biasanya,” ungkap Rusdi.

Menurut Rusdi, jumlah kapal penangkap ikan yang masuk ditempat mereka berjumlah 13 kapal, dengan masing masing membawa pasokan ikan rata-rata 10 sampai 15 ton ikan,” tutur Rusdi.

Tentunya, lanjut Rusdi, dengan melimpahnya pasokan ini mengakibatkan hukum ekonomi berlaku, yakni harga ikan mengalami penurunan.

“Untuk harga ikan peda dijual saat ini antara 15 sampai 17 ribu rupiah perkilonya, sedangkan biasanya harga normal ikan peda berkisar 20 ribu rupiah perkilonya,” ucap Rusdi.

Dalam kesempatan tersebut, Rusdi juga mengungkapkan, meski pasokan ikan melimpah, namun saat ini pembelian terhadap ikan laut mengalami penurunan kurang lebih 10 – 20 persen.

“Tidak hanya harga ikan laut yang mengalami penurunan, tetapi saat ini juga daya beli masyarakat menurun,” ungkap Rusdi lebih lanjut.

Untungnya, tambah Rusdi, meski harga dan daya beli warga terhadap ikan laut mengalami penurunan. Pihaknya melakukan pengiriman ikan tersebut ke provinsi tetangga, Kalteng serta Kalbar.

“Pengiriman ikan laut hasil tangkapan nelayan di Kalsel, dalam jumlah banyak dikirim ke Palangkaraya, Kapuas, Sampit, Pontianak, dan sekitarnya,” ujar Rusdi.

Sehingga, lanjutnya, tidak masalah apabila terjadi penurunan daya beli masyarakat terhadap ikan laut di provinsi ini.

“Pengiriman ikan laut ke daerah lain saat ini berjalan normal,” pungkas Rusdi. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?