25 Oktober 2021

UN di Hapus, Diknas Banjarmasin Tunggu Juknis

1 min read

Kepala Diknas Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto.

BANJARMASIN – Pemerintah Pusat telah mengeluarkan penetapan Ujian Nasional (UN) di tahun 2020 ini tidak dilaksanakan. Kebijakan tersebut langsung di respon Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, yang siap menjalankan kebijakan tersebut.

“Pemerintah Kota Banjarmasin tidak akan melaksanakan ujian nasional. Sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendidikan yang menghapus ujian nasional tahun ini, karena adanya kejadian luar biasa virus corona melanda Indonesia,” ungkap Totok.

Menurut Totok, meski saat ini Pemerintah Kota Banjarmasin sudah siap melaksanakan ujian nasional, terpaksa dihentikan. Karena, ujian nasional tidak dilaksanakan atas kebijakan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

“Untuk pelaksanaan ujian nasional sendiri di Kota Banjarmasin telah siap, begitu juga untuk soal soal sekolah dasar, bahkan uji coba pun telah dilaksanakan beberapa kali,” ucap Totok.

Namun, karena adanya keputusan dari Pemerintah Pusat yang menghapuskan pelaksanaan ujian nasional tahun ini, maka Pemerintah Kota Banjarmasin siap mensukseskan kebijakan tersebut.

Totok juga mengatakan, saat ini Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin tinggal menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Pendidikan tentang Ukuran Kelulusan bagi siswa SD dan SMP.

“Kami sempat mendengar jika nilai kelulusan nantinya diambil dari nilai raport dan nilai tugas. Namun untuk teknisnya masih belum diketahui, mengingat belum ada petunjuk resmi dari Pemerintah Pusat. Jadi kita tunggu saja,” tutur Totok.

Totok berharap, Kementerian Pendidikan dapat segera mengeluarkan juknis tersebut. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?