NewsProvinsi Kalsel

Imbas Corona, Aktivitas Kesenian Tambud Kalsel Dihentikan Sementara

BANJARMASIN – Menyusul kasus pertama positif virus Corona yang diumumkan pada Minggu (22/3) mengharuskan Pemprov Kalsel meningkatkan status menjadi tanggap darurat untuk penanganan Virus Covid-19 tersebut. Hal itu tentu berdampak pada tempat-tempat publik, salah satunya kegiatan kesenian di Taman Budaya Kalsel.

Senin (23/3), Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Kalsel, Suharyanti mengatakan sejumlah pertunjukan seni yang sebelumnya sudah terjadwal akan ditunda pelaksanaannya.

“Pertunjukan seni tersebut antara lain pertunjukan Mamanda Keliling yang dijadwalkan pada 22 dan 28 Maret 2020, pergelaran Bapandu yang dijadwalkan pada 4 April 2020, pergelaran tari dalam rangka Peringatan Hari Tari Sedunia yang akan dilaksanakan pada 11 dan 12 April 2020 serta pertunjukan musik panting di Kiram Park setiap akhir pekan. Untuk sementara semua kegiatan dipending dulu demi kesehatan dan keamanan kita semua,” jelasnya.

Selain pentas, menurut Suhariyanti, aktivitas latihan oleh sejumlah sanggar seni yang biasa dilakukan setiap sore di lingkungan Taman Budaya Kalsel juga ikut dihentikan sementara sejak hari Senin 23 Maret 2020.

“Kami juga menutup sementara penggunaan bengkel tari, teater, musik, lukis, karawitan, wisma seni, panggung rampa, panggung bachtiar, gedung wargasari dan gedung balairungsari,” tambahnya.

Suharyanti menegaskan penghentian sementara kegiatan-kegiatan tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona serta mengikuti instruksi Pemerintah Pusat dan Gubernur Kalsel untuk melakukan social distancing dan larangan berkumpul.

Ia berharap agar wabah virus Corona ini bisa segera teratasi dan tidak menyebar ke masyarakat khususnya Kalsel. Mengingat dampaknya terhadap perkembangan daerah dan semua kalangan masyarakat termasuk para seniman ada rasa kekhawatiran meskipun tidak boleh panik.

“Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi instruksi Pemerintah dalam menangani virus Corona ini dan bersabar dengan kondisi ini,” pungkasnya. (NRH/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat