BanjarbaruNewsProvinsi Kalsel

Pelayanan Museum Dibatasi Sementara

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, mengeluarkan surat edaran untuk Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru dan museum Waja Sampai Kaputing (Wasaka) Banjarmasin, untuk memberlakukan pembatasan sementara pelayanan museum, sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Surat edaran yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Yusuf Effendi ini berlaku mulai 20 Maret hingga 10 April 2020 mendatang.

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan, pembatasan sementara pelayanan museum tersebut berupa pengurangan hari kunjungan, yaitu hanya 3 (tiga) hari dalam satu minggu, yakni Senin, Rabu dan Sabtu. Sedangkan untuk jam pelayanan juga dibatasi dari jam 08.00 – 12.00 WITA saja.

Selain itu, dalam surat edaran tersebut juga di jelaskan, hanya memperbolehkan pengunjung yang bersifat perorangan, sedangkan untuk kunjungan yang sifatnya rombongan, sementara tidak diperbolehkan.

Ditemui diruang kerjanya, Jum’at (20/3), Kepala Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru, Ikhlas Budi Prayogo mengatakan, pihaknya juga telah menerima surat dari 4 (empat) sekolah yang telah membatalkan kunjungannya.

Kepala Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru Kalimantan Selatan, Ikhlas Budi Prayogo.

“Pembatalan dari inisiatif masing-masing sekolah, Kabupaten/Kota kan punya kebijakan masing-masing,” ujarnya.

Ikhlas juga mengatakan, sebelum adanya surat edaran mengenai pembatasan pelayanan museum ini, pihaknya juga telah melakukan beberapa langkah pencegahan, dengan menyediakan alat cuci tangan, serta mengimbau kepada pengunjung untuk tidak terlalu banyak dalam satu ruangan.

“Status Kalsel kan masih siaga, karena belum ditemukan yang positif, tentu produser kesiagaan kami laksanakan, penyemprotan disinfektan, alat cuci tangan juga kami sediakan,” jelasnya. (ASC/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat