NewsProvinsi KalselTanah Bumbu

Komisi I Monitor Persiapan Pilkada 2020 di Tanah Bumbu.

TANAH BUMBU – Menjelang pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2020 Terutama pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan pada bulan September mendatang, Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan melakukan monitoring persiapan kegiatan tersebut Ke Kantor KPU Kabupaten Tanah Bumbu, Jum’at (20/3).

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalsel, Rahmah Norlias menyampaikan saat ini pihaknya melakukan monitoring persiapan pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020, baik itu yang akan dilaksanakan Pemilihan Gubernur  ataupun Pemilihan Bupati Tanah Bumbu. Dalam kegiatan ini, pihaknya ingin mengetahui kesiapan-kesiapan KPU terkait anggaran, tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan. Kemudian jumlah pemilihnya berapa angka partisipasi masyarakatnya dan hal-hal lainnya.

“Sehingga jika ada kendala mungkin kita bisa bersama-sama mendiskusikan dan mencari solusinya,” katanya.

Sementara, Ketua Komisioner KPU Kabupaten Tanah Bumbu, Makhruri menyambut baik kedatangan rombongan Wakil Rakyat Provinsi ini dan menjelaskan kesiapannya. Menurutnya, Pilkada serentak di Kabupaten Tanah Bumbu akan dilaksanakan pemilihan Gubernur dan pemilihan Bupati.

“Saat ini kita sudah melaksanaan tahap awal yaitu perekrutan PPK (Panitia Pemilhan Kecamatan), PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” katanya.

Pada kesempatan itu, Rahmah Norlias juga mengingatkan KPU setempat agar benar-benar memperhatikan DPT seakurat mungkin

“Harapan kami untuk Pilgub dan Pilbup di Kabupaten Tanah Bumbu ini, KPU memperhatikan dan memutakhirkan kembali data DPT. Misalnya untuk data yang sudah meninggal tetapi masih masuk dalam DPT dan pemilih pemula yang pada saat waktu pencoblosan umurnya pas 17 tahun. Sehingga pemilih tersebut tidak kehilangan hak pilihnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi Indonesia DPRD Kalsel, Syahdillah berharap pada saat pelaksanaan Pilkada nanti KPU sebagai penyelenggara agar benar-benar bersikap adil dan netral.

“DPT diharapkan diverifikasi dengan akurat dan benar sesuai data di lapangan sehingga hak pilih benar benar terpenuhi, sosialisasinya ditingkatkan lagi sehingga pada saat pelaksaanaannya tercipta Pilkada aman dan damai,” katanya. (HumasDPRDKalsel-NRH/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat