25 Oktober 2021

Ketua BK : Seluruh Anggota DPRD Banjarmasin Harus Bekerja Sesuai Tatib

1 min read

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Banjarmasin Abdul Gais, memegang salinan kode etik tatib, untuk segera dibagikan pada kalangan legislatif.

BANJARMASIN – Akhirnya Setelah Tata Tertib (Tatib) diparipurnakan beberapa waktu lalu, maka Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi), yang harus dijalankan seluruh anggota legislatif sudah jelas.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Banjarmasin, Abdul Gais, kepada wartawan menjelaskan, 45 anggota Dewan seluruhnya hendaknya bekerja sesuai dengan Tata tertib (Tatib). Selain itu pihaknya dalam waktu dekat akan membagikan salinan Tatib dan Kode Etik, agar semua Anggota DPRD Banjarmasin membaca dan memahami tugas dan kewajibannya, supaya tidak terjadi disharmonisasi di kalangan wakil rakyat sendiri.

“Kami akan mensosialisasikan tatib, agar anggota DPRD tidak salah dalam mengambil keputusan,”  katanya.

Disampaikan Abdul Gais, tata tertib baru ini memuat 163 Pasal. Diantaranya bekerja sesuai tufoksi, termasuk pembagian mitra kerja dengan SKPD di lingkup Pemko Banjarmasin, supaya semua Anggota Dewan tidak ada lagi salah paham dengan tugasnya dan kewajiban masing-masing, sehingga tercipta Kode Etik dalam menjaga marwah anggota secara kelembagaan.

“Dengan banyaknya aturan yang harus diketahui dan dipatuhi anggota dewan, baik yang baru dilantik ataupun sudah senior, semua harus mengikuti, karena ada sanksi tegas kalau melanggarnya,”ucap Gais, yang  menjabat sebagai Ketua BK selama 3 periode berturut turut.

Dirinya berharap, kedepan tidak ada lagi perdebatan antar Komisi, dalam hal pembagian mitra kerja dengan SKPD di lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin. Diharapkan pula tidak ada tumpang tindih kewenangan yang berakibat terganggunya tugas dan fungsi parlemen dalam bidang pengawasan, legislasi, dan anggaran. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?