16 Oktober 2021

Gubernur Kalsel Dukung Penuh Program Seni Budaya Milik Bakesbangpol Kalsel

2 min read

Kabid Hanseni, Agama, Ekonomi dan Kemasyarakatan Bakesbangpol Kalsel, Ratna Rosana.

BANJARBARU – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kalimantan Selatan kembali mendapatkan apresiasi dari Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor terkait program tentang pemberdayaan pengembangan seni dan budaya di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurut Kepala Hanseni, Agama, Ekonomi dan Kemasyarakatan Bakesbangpol Kalsel, Ratna Rosana, melihat adanya dukungan penuh dari Gubernur Kalsel terkait bidangnya yakni mempertahankan seni dan budaya khas lokal banua. Maka, pihaknya akan tetap terus memberikan sosialisasi terkait pemberdayaan dan pemahaman agar generasi muda bisa lebih mengenal budaya asli daerah asalnya di Kalimantan Selatan.

“Yang pasti sekarang ini, harus ada pemaksimalan seni dan budaya bagi siswa di sekolah agar mereka lebih mengenal apa itu budaya asli dari kita serta apa keseniannya, sejak dini harus diterapkan,” tutur Ratna.

Lebih lanjut, Ratna menyebutkan masih banyak kebudayaan di Kalsel yang harus diketahui oleh generasi muda baik dalam hal kesenian tradisionalnya ataupun adat istiadat yang telah dijalankan sejak jaman nenek moyang.

“Kenapa jadi Gubernur Kalsel, paman Birin itu selalu menggunakan pakaian khas banjar, karena ya mengenalkan bahwa ini lah ciri khas kita dan Kalsel harus bangga dengan ini,” ungkap Ratna.

Bahkan, Dirinya juga secara tidak langsung sangat menganggumi hasil dari kinerja Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor terkait mendukung adanya penerapan untuk mempertahankan warisan budaya dan kesenian yang telah ada sejak dulu.

“Saya menganggumi bukan hanya kinerja beliau ya, tapi kecintaan paman Birin terhadap budaya khas Kalimantan Selatan ini patut didukung, dengan kesederhanaannya pun patut ditiru dalam mempertahankan kesenian banjar yakni memperkenalkan dengan berpantun,” ungkapnya.

Kendati demikian, selain mendapat dukungan penuh dari Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor terkait memperkenalkan dan mempertahankan kearifan lokal kesenian dan budaya banua Kalsel terhadap kaum millenial. Dalam penerapan implementasinya kedepan, Bakesbangpol akan membuktikan hal tersebut guna dapat tersampaikan secara lebih maksimal.

“Insha Allah, awal April akan dilaksanakannya sosialisasi tentang seni dan budaya kepada kaum millenial baik itu pelajar, guru, pengiat seni, sanggar tari dan sebagainya akan berkumpul disatu tempat yang mana akan memperkenalkan lewat kemampuan serta bidangnya masing-masing agar budaya kita dapat tersampaikan secara maksimal,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan yang dihelat disalah satu Hotel di Banjarmasin nanti, pihaknya juga kembali mendapatkan dukungan dan apresiasi penuh oleh Gubernur Kalsel, mengingat latar belakang yang dimiliki Sahbirin Noor juga seorang penggiat seni. Maka, secara tidak langsung pihaknya berharap agar Gubernur Kalimantan Selatan dapat berhadir pada saat pelaksanaannya nanti. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?