28 Oktober 2021

Pemko Banjarbaru Siapkan Tukang Siaga Bencana

2 min read

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Banjarbaru Zaini Syahrani (kiri) bersama Kasubbid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Banjarbaru Abdur Rahim (kanan).

BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru sudah mempersiapkan sebanyak 5 pekerja (Tukang) yang diberi nama tukang siaga bencana untuk menangani bencana, khusus puting beliung. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Banjarbaru Zaini Syahrani yang didampingi Kasubbid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Banjarbaru Abdurrahim, saat mengisi dialog persada  yang bertajuk  Banjarbaru Lebih Baik, edisi Rabu (18/3).di radio Abdi Persada 104,7 FM.

Dalam dialog tersebut, Zaini menyampaikan, melihat dari kejadian kebencanaan di Kota Banjarbaru pada  tahun-tahun sebelumnya, seperti angin puting beliung yang menyerang Kecamatan Liang Anggang pada tahun 2015 lalu, pihaknya telah memberikan bantuan berupa peralatan-peralatan bangunan rumah untuk para warga, namun peralatan tersebut tidak digunakan secara maksimal.

“Berkaca dengan kejadian di tahun 2015 lalu, kami berinisiatif untuk menyiapkan para tukang yang bisa membantu para warga untuk memperbaiki rumah-rumah mereka, jadi kami siapkan tukang peduli bencana puting beliung sebanyak 5 personil, sehingga dapat membantu para warga nantinya,” ungkap Zaini.

Zaini menambahkan, BPBD Kota Banjarbaru tidak hanya mempersiapkan bantuan saja saat terjadi bencana, namun ditahun 2020 ini, pihaknya juga telah mempersiapkan para pekerja (tukang).

“Masyarakat Banjarbaru jangan khawatir, kami selalu siaga 24 jam untuk memberikan bantuan baik berupa penanganan maupun bantuan lainnya, meskipun mudah-mudahan ditahun 2020 ini tidak terjadi bencana yang menimpa Kota Banjarbaru,” ucapnya.

Sementara itu, dalam dialog yang sama, Kasubbid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Banjarbaru Abdurrahim menambahkan, dengan dibentuknya tukang siaga bencana, maka pekerjaan mereka akan sangat membantu BPBD Kota Banjarbaru untuk meringankan beban masyarakat kota Banjarbaru.

“Kami juga akan mengikut sertakan para tukang tersebut berbagai pelatihan dan simulasi untuk menambah pengetahuan para tukang-tukang tersebut dalam penanganan pendirian pembangunan, sehingga dampak kerusakan dapat diminimalisir,” ujarnya. (MRF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?