16 Oktober 2021

Pelatihan IKM Diharapkan Mengkader Pengusaha Go Nasional

2 min read

Foto bersama Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan dengan para peserta dan pemateri dari luar daerah.

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, terus berkomitmen dalam memajukan industri Kecil dan Menengah (IKM) melalui pelatihan.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan Mahyuni menyampaikan, pihaknya menggelar kegiatan Pelatihan Industri Kecil dan Menengah (IKM) se-Kalsel Tahun 2020, diikuti 143 peserta selama lima hari, sejak 16 – 20 Maret 2020, di salah satu Hotel berbintang di Banjarmasin.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan Mahyuni saat memberikan komentarnya.

Mahyuni menyampaikan dengan pelatihan ini maka akan tercipta peningkatkan kualitas produk IKM, sehingga akan semakin diterima masyarakat produknya di pasaran.

Lebih lanjut Mahyuni menjelaskan, dalam pelatihan ini ada enam macam yang digelar diantaranya pelatihan pembuatan animasi produk IKM, pelatihan fasilitator jaminan halal, pelatihan wirausaha baru berbasis kerajinan, pelatihan pencelupan dan pewarnaan alam kain sasirangan, pelatihan pembuatan aneka produk kerajinan berbasis kayu hingga pelatihan teknis pengembangan diversifikasi model dan desain ayaman bambu dan tirik.

“Beberapa pemateriĀ  memang sengaja didatangkan dari luar daerah, seperti Jogyakarta, Jakarta dan Kalimantan Tengah,” katanya.

Dari pemateri ini, menurut Mahyuni ada salah satunya pengusaha kerajinan yang memang sukses dalam berbisnis produk kerajinan, dengan demikian peserta bisa mengambil pengalaman berharga dari mereka.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang saat menghadiri pembukaan pelatihan ini diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Syaiful Azhari, sangat mengapresiasi langkah Dinas Perindustrian Kalsel dalam meningkatkan IKM.

Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Syaiful Azhari, saat menyampaikan sambutan.

“Saat ini banyak produk lokal yang potensial seperti kain sasirangan dan kerajinan rotan,” ucapnya.

Gubernur juga berharap, kedepan banyak produk lokal tidak hanya dijual di pasar lokal, namun go nasional, bahkan berkembang hingga pasar internasional. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?