20 Oktober 2021

RSUD Raza Imbau Warga Tak Perlu Risau Soal Corona

2 min read

Wakil Direktur RSUD Ratu Zalecha Martapura, dr. Eka Listyrini, M. Sc. Sp KK.

BANJAR – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura menghimbau agar masyarakat di Kalsel khususnya warga Martapura dan sekitarnya agar tidak terlalu panik serta khawatir terkait informasi penyebaran virus corona yang masuk ke Indonesia.

Wakil Direktur RSUD Ratu Zalecha Martapura, dr. Eka Listyrini, M. Sc. Sp KK mengatakan, dalam hal ini warga Kalsel tidak perlu risau dan khawatir terkait virus yang sempat membuat panik di wilayahnya. Meskipun, saat ini ada dua rumah sakit di Kalsel yang sudah disiapkan sebagai rujukan apabila terkena virus mematikan tersebut.

“Yang pasti kami menghimbau jangan panik, karena virus corona ini dapat dicegah salah satunya dapat menggunakan masker apabila sedang terkena flu atau batuk dan rajin berolahraga serta terapkan pola hidup sehat,” tutur Wadir RSUD Raza, Eka Listyrini kepada Abdi Persada FM saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (4/3).

Menurutnya selain melaksanakan pola hidup sehat, pencegahan selanjutnya bisa dengan rajin mencuci tangan dengan hand sanitizer apabila tidak menemukan masker sebagai antisipasi.

Hand sanitizer yang digunakan pengunjung dan pasien RSUD Ratu Zalecha Martapura untuk pencegahan.

“Selain hand sanitizer juga bisa menggunakan sabun untuk penggantinya dan usahakan sebelum makan dan setelah kontak dengan orang lain,” ujar Eka.

Bahkan, Eka melanjutkan, masih banyak penerapan lainnya dalam menghindari dan mencegah agar tidak terkena infeksi virus corona. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir karena apabila pola hidup sehat dapat diterapkan maka presentase untuk terkena pun bisa diatasi.

“Jadi hindari juga kontak dengan orang yang terkena flu dan wajib menggunakan masker selain itu jangan sampai batuk disembarang tempat,” ungkapnya.

Selain itu, Eka menyampaikan agar masyarakat tidak terlalu berlebihan menanggapi wabah tersebut apabila pencegahan sejak dini sudah bisa diantisipasi, terutama yang menerapkan pola hidup sehat.

“Kami menginginkam agar masyarakat Kalsel khususnya di Martapura tidak perlu panik karena wabah ini bisa dicegah sejak dini, yakni rajin mencuci tangan dengan sabun, perbanyak minum air putih dan gunakan masker,” imbuh Eka.

Kendati demikian, walaupun hanya dua rumah sakit di Kalsel yang menjadi rujukan untuk merawat pasien corona, yakni RSUD Ulin Banjarmasin dan RSUD H. Boejasin Pelaihari. Melihat hal tersebut, pihak RSUD Ratu Zalecha juga akan membentuk tim khusus terkait kekhawatiran wabah tersebut. Namun, pihaknya tetap memberikan pandangan sosialisasi terkait hal ini baik kepada pasiennya ataupun pengunjung yang datang untuk membesuk.

“Untuk itu kami akan segera membentuk tim khusus agar nantinya bukan hanya rumah sakit lain yang siap menjadi rujukan tetapi antisipasi terlebih dahulu akan diterapkan di RSUD Ratu Zalecha Martapura agar masyarakat tidak terlalu panik,” tambahnya.

Disampaikan Eka, pihaknya berharap dengan dibentuknya tim itu, dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat untuk terhindar dan lepas dari penyakit ini serta terus menerapkan pola hidup sehat sejak dini agar kedepannya keinginan untuk hidup panjang pun dapat terwujud. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?