16 Oktober 2021

Sinergitas Antar Polisi dan Warga Aluh Aluh, Terus Diterapkan untuk Kamtibmas

2 min read

Suasana Dialog.

BANJARBARU – Program “Dialog Persada” Halo Polisi, edisi Selasa (25/2) mengangkat tema Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Hadir sebagai narasumber, dalam program yang dipandu Ridho Syarif sebagai Host ini adalah Polsek Aluh Aluh, yang mendatangkan Kanit Sabhara M Djamali dan Kanit Binmas Rakhmad.

Disampaikan Kanit Sabhara Polsek Aluh Aluh, M Djamali, saat ini ketertiban dan keamanan masyarakat di kawasan Aluh Aluh, masih terkendali. Rata-rata mata pencaharian warga merupakan nelayan dan petani. Demi menjaga keamanan dan ketertiban, pihaknya rutin melakukan sosialisasi dari satu desa ke desa lainnya, dengan demikian tercipta hubungan saling bersinergi dengan masyarakat.

“Tokoh Agama, tokoh masyarakat, dan kalangan millenial, dilibatkan dalam sosialisasi,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Kanit Binmas Polsek Aluh Aluh Rakhmad, ia menjelaskan, selama ini belum pernah terjadi konflik antar satu desa dengan desa yang lain, yang pernah terjadi hanya masalah keluarga, biasanya melapor melalui Ketua RT, kemudian disampaikan ke pihaknya, namun bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Sosialisasi juga dilaksanakan, pada sekolah menengah atas atau SMA. Melibatkan orangtua, para siswa dan dewan guru. Hal ini sebagai langkah antisipasi agar tidak terjerumus narkoba, mengetahui aturan lalu lintas, dan tidak salah dalam memilih pergaulan, karena masa remaja dinilai masih labil, perlu bimbingan dari semua pihak.

“Kami meagendakan tahun 2020 ini akan mensosialisalikan ke semua sekolah menengah pertama atau SMP,” katanya.

Dalam dialog juga terungkap. Dalam waktu dekat, tepatnya 22 April nanti, akan ada pelaksanaan pemilihan Kepala Desa atau Pilkades secara serentak di 8 desa, dari 19 desa yang ada di Aluh aluh. Kanit Sabhara Polsek Aluh Aluh, M Djamali, berharap, dalam proses pemilihan Pilkades nanti, akan berjalan lancar, tertib dan aman.

“Masyarakat secara bersama sama akan menciptakan, suasana Pilkades yang damai dan bersih,” tuturnya.

Begitu juga keinginan Kanit Binmas Polsek Aluh Aluh Rakhmad, ia mengatakan, pihak panitia sebagai penyelenggara, dengan warga sekitar akan terus saling berkoordinasi, sebelum pemilihan kepala desa hingga selesai acara, supaya terjadi ketertiban dan keamanan di semua lapisan masyarakat.

“Kami akan menurunkan banyak personel, dan ini akan disampaikan ke Polresta Banjarbaru,” pungkasnya.

Pada sesi akhir dialog, ada himbauan dari Kanit Sabhara Polsek Aluh Aluh, M Djamali,  bagi masyarakat yang melihat atau mengalami kejadian dari hal-hal yang tidak diinginkan, maka hendaknya segera melaporkan ke warga sekitar dan ketua RT setempat.

“Kami siap menerima telepon untuk menindaklanjuti, demi tercipta rasa aman dan nyaman, terutama bagi warga yang bukan asli penduduk Aluh Aluh,” imbaunya.

Ditambahkan Kanit Binmas Polsek Aluh aluh Rakhmad, masyarakat bisa mendownload aplikasi “si harat” untuk memudahkan dalam pelaporan, dan melalui aplikasi ini akan segera ditindaklanjuti, agar keamanan dan ketertiban, terus menerus dirasakan semua pihak. (NHF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?