28 Oktober 2021

Sebelum Haul Guru Sekumpul, Jembatan Sungai Lulut Diresmikan

2 min read

Salah satu jembatan yang sudah dilebarkan untuk mendukung Haul Guru Sekumpul

BANJAR РKomitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk mensukseskan Haul Guru Sekumpul ke-15 tahun ini, dibuktikan melalui percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan. Contohnya adalah Jembatan Bincau dan Jalan Pendidikan, yang baru saja diresmikan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, pada Kamis (20/02) lalu. Dua jembatan tersebut, awalnya hanya memiliki lebar 4 meter dan kini diperlebar menjadi 12 meter oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Kalsel.  Dengan selesainya proses pelebaran sebelum pelaksanaan Haul Guru Sekumpul, maka diharapkan dapat memecah kepadatan lalu lintas di lokasi kedua jembatan. Khususnya saat arus datang dan arus balik jemaah.

Selain kedua jembatan itu, dalam waktu dekat tiga unit jembatan lagi akan diresmikan penggunaannya pasca renovasi sejak pertengahan tahun 2019 lalu. Yakni tiga jembatan di Kawasan Sungai Lulut.

“Insya Allah paling lambat pada 28 Februari atau satu hari sebelum pelaksanaan haul, tiga jembatan di Sungai Lulut yang saat ini dalam tahapan renovasi, sudah diresmikan. Dua jembatan sudah selesai dibangun, dan sudah dapat dilewati baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Sedangkan satu jembatan lagi, ditargetkan selesai pada pekan ini, sehingga ketiganya dapat dibarengkan peresmiannya. Rencananya, peresmian dilakukan Paman Birin (sapaan khas Gubernur Kalsel),” ujar Kepala Dinas PUPR Kalsel Roy Rizali Anwar kepada wartawan.

Untuk diketahui, Pemprov Kalsel juga menganggarkan membangun tiga jembatan lagi, dengan anggaran dari dana alokasi kusus (DAK) sebesar Rp42 miliar, dan jalan sepanjang satu kilometer mengarah ke Mataraman Kabupaten Banjar, dengan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sebesar Rp20 miliar. Semua ini dilakukan demi memberikan kenyamanan kepada masyarakat pengguna jalan di Kalsel, khususnya sebagai jalur alternatif para jemaah Haul Guru Sekumpul dari Kawasan Banua Enam. Namun fasilitas ini, baru dapat dinikmati pada pelaksanaan haul tahun depan. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?