19 Oktober 2021

Gubernur Kalsel Apresiasi Terbentuknya Kepengurusan Grekindo Kalsel

2 min read

Kepala Dinas Perindustrian Kalsel Mahyuni mengunjungi stand produk UMKM binaan Grekindo Kalsel

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor yang diwakili oleh Kepala Dinas Perindustrian, Mahyuni memberikan apresiasi terhadap terbentuknya kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Ekonomi Kreatif Indonesia (Grekindo) Kalsel dan Dewan Pimpinan Daerah Grekindo Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Barito Kuala (Batola). Hal itu disampaikannya dalam acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPW dan DPD Grekindo Kalsel di salah satu pusat perbelanjaan di Kabupaten Banjar, Kamis (20/02).

“Dengan terbentuknya Grekindo di Kalsel, itu artinya kami memiliki teman untuk menumbuhkembangkan kemampuan ekonomi masyarakat di Kalsel. Sebagaimana diketahui dengan salah satu program prioritas Gubernur adalah di bidang industri perdagangan dan jasa yang bertujuan untuk memperbaiki kemampuan ekonomi masyarakat Kalsel,” katanya.

Mahyuni menyebutkan saat ini, pertumbuhan ekonomi di Kalsel berada pada kisaran angka 5 persen. Sedangkan Presiden Joko Widodo menargetkan pada lima tahun kedepan bahwa pertumbuhan ekonomi antara 5,7 hingga 6 persen tingkat nasional, dan untuk regional di Kalsel diharapkan pertumbuhan ekonomi rata-rata 6,9 persen. Untuk mendongrak pertumbuhan ekonomi tersebut, Dinas Perindustrian terus berupaya untuk meningkatkan sektor pengolahan atau industri baik skala besar maupun kecil.

“Apa kira-kira peran kami di Dinas Perindustrian untuk bisa mempercepat tumbuh kembangnya pelaku usaha? Salah satunya dimulai dengan terdatanya para pelaku usaha sehingga bisa dilakukan pembinaan terhadap mereka,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPW Grekindo Kalsel YM Sri Kusniningsih mengatakan pihaknya telah bekerjasama dengan pemain-pemain ritel yang sudah menguasai pasar tingkat nasional dengan memasukkan produk-produk UMKM ke etalase mereka.

“Diharapkan produk-produk UMKM bisa menguasai dan membanjiri pasar-pasar domestik, ” jelasnya.

Selain itu, Grekindo Kalsel juga akan melakukan pembinaan terhadap sekitar 200 UMKM yang ada di Kalsel. Sehingga produk-produk mereka dipasarkan ke tingkat nasional.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Ketua Umum Grekindo Amaluddin, Anggota DPRD Kalsel Syarifah Rugayah dan para pegiat UMKM. Dalam acara itu juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepakatan (Mou) kerjasama antara Grekindo Kalsel dengan beberapa pusat berbelanjaan dan hotel. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?