16 Oktober 2021

2020, Bakeuda Kalsel Luncurkan Aplikasi layanan Samsat Online

3 min read

Pusat layanan informasi Bakueda Provinsi Kalimantan Selatan.

BANJARBARU – Demi tercapainya target pendapatan asli daerah (PAD) dengan memaksimalkan pemanfaatan pelayanan publik bagi masyarakat di wilayah Kalimantan Selatan pada 2020 ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalimantan Selatan akan segera meluncurkan program barunya, yaitu aplikasi layanan Samsat berbasis online yang bisa diakses diseluruh Indonesia.

Kabid Pengelolaan Pajak Daerah, Rustamaji.

Kepala Bidang Pengelolaan Pajak Daerah Bakueda Kalsel, Rustamaji mengatakan selain menguntungkan bagi PAD, keberlangsungan dalam menunjang peningkatan layanan publik pun dapat dengan mudah bisa tersampaikan secara maksimal.

“Aplikasi ini nantinya juga selain dapat membantu dan memudahkan masyarakat dalam mengurus pajak kendaraan baik roda dua maupun empat, transparansi dan akuntabilitas yang dihasilkan juga terlihat jelas,” tutur Oetam, sapaan Rustamaji, di ruang kerjanya, Rabu (19/2).

Monitor jadwal layanan Samsat se Kalimantan Selatan beserta alurnya.

Bahkan, Oetam mengungkapkan, dari aplikasi yang akan segera dirilis pada tahun ini nantinya juga bisa diakses dimanapun tanpa harus kembali ke tempat domisili berasal, karena dalam hal ini, pihak Bakeuda Kalsel pun juga akan dibantu oleh PT Pos Indonesia untuk sinergi bersama untuk membantu dalam pencapaian PAD 2020.

“Jadi, Kami dalam tugas dan fungsinya juga sudah bekerjasama dengan PT Pos Indonesia guna target yang diinginkan terwujud, apabila aplikasi ini sudah berhasil ada, maka masyarakat tidak harus pulang kampung untuk mengurus pajak kendaraan bermotornya, cukup melalui Aplikasi yang berhasil didownload di Google Play store,” ungkap Oetam.

Kendati demikian, Ia juga memaparkan, bahwa dalam kerjasamanya ini tidak lepas dari bantuan dan peran besar oleh PT Pos Indonesia dalam mengembangkan usaha pencapaian tersebut dibidang sektor pendapatan daerah melalui UPP wilayah masing-masing daerah.

“Jadi Aplikasi ini akan nantinya bukan hanya fokus pada keuntungan pendapatan saja. Mulai dari tranparansi hingga dapat menunjang keberlangsungan dalam meningkatkan pelayanan publik khususnya dimasyarakat sesuai dengan komitmen kami bersama dengan UPP masing-masing daerah,” jelasnya.

Dalam hal ini juga, Oetam menyebutkan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sangat terbantu sekali dalam pemanfaatan serta pengelolaan aplikasi tersebut apabila nantinya bisa segera dirilis ditahun ini.

“Kami sangat terbantu sekali dalam pencapaian PAD 2020 dengan melalui aplikasi ini. Masyarakat tidak perlu susah untuk mengurus pajak di Samsat dan tidak harus memakan waktu banyak, bahkan, saat ini kami sudah menyediakan pelayanan Samsat keliling agar masyarakat tidak terlalu terbebani,  dan itu gratis apabila transaksi sudah berhasil dilakukan,” ungkap Oetam.

Oetam berharap, melalui aplikasi layanan Samsat berbasis online ini yang nantinya akan segera dilauching, dapat lebih membantu masyarakat dalam melaksanakan gerakan taat pajak di wilayahnya, sehingga, pendapatan daerah pun bisa meningkat agar kedepannya pembangunan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dapat terus berkembang. Bahkan, apabila Ibukota Negara sudah resmi pindah ke Kalimantan Timur, maka sesuai harapan, Kalsel akan menjadi gerbang utama Ibukota Negara Republik Indonesia.

“Kami berharap melalui aplikasi yang akan segera diluncurkan ini semoga bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam sektor dibidang pelayanan dan tentunya PAD pada tahun ini bisa tercapai sesuai harapan Pemerintah Kalimantan Selatan,” harap Oetam.

Untuk diketahui, Bakueda Kalimantan Selatan selain akan segera meluncurkan aplikasi layanan Samsat online yang bisa diakses diseluruh Indonesia ini, pihaknya juga sudah memiliki fasilitas lainnya guna menunjang pelayanan bagi masyarakat, yakni monitor informasi jadwal layanan Samsat dan mesin Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) hingga pusat layanan informasi. Selain itu, Bakueda Kalsel juga akan berencana melakukan kerjasama dengan beberapa pihak industri unicorn. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?