16 Oktober 2021

DPRD Kalsel Ingin Adopsi Kegiatan Sosialisasi Perda DPRD DKI Jakarta

2 min read

Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Hj Rachmah Norlias

BANJARMASIN – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan ingin mengadopsi kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) DPRD DKI Jakarta. Keinginan tersebut disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Rachmah Norlias kepada wartawan, usai melakukan studi komparasi ke Sekretariat DPRD DKI Jakarta, Senin (18/2).

Dalam studi komparasi Komisi I DPRD Kalsel ke Sekretariat DPRD Provinsi DKI Jakarta beberapa waktu lalu, menurut Srikandi Partai Amanat Nasional ini, ada beberapa hal yang belum ada di Kalsel tetapi ada di DKI Jakarta, antara lain staf ahli komisi disiapkan untuk membantu kelancaran tugas dan fungsi-fungsi komisi dan kegiatan sosialisasi perda dimana belum pernah dilakukan di DPRD Kalsel.

“Setiap produk hukum yang dikeluarkan akan disosialisasikan oleh Dewan. Satu kali sosialisasi untuk satu perda oleh anggota Dewan ke dapil masing-masing. Jadi tidak hanya mengharapkan pihak eksekutif yang melakukan sosialisasi Perda tersebut,” jelasnya.

Rachmah menilai kegiatan sosialisasi Perda oleh Dewan tersebut efektif dan perlu dilakukan agar masyarakat mengetahui perda yang sudah diperjuangkan khususnya inisiatif Dewan untuk kepentingan mereka.

“Mudah-mudahan di tahun 2021 bisa dilaksanakan sosialisasi perda di DPRD Kalsel,” harapnya.

Selain itu, lanjut Rachmah, DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing sebanyak satu kali, dan kegiatan reses sebanyak tiga kali setahun. Kemudian di DPRD DKI Jakarta juga melakukan kunjungan kerja luar negeri sebanyak dua kali setahun, sesuai kepentingan komisi dan ada undangan dari pihak KBRI dan perguruan tinggi.

Seperti diketahui, Komisi I DPRD Kalsel melakukan studi komparasi ke Sekretariat DPRD DKI Jakarta pada 10 – 12 Februari 2020 lalu, terkait Peraturan Gubernur Tentang Perjalanan Dinas. Rombongan Dewan Kalsel diterima oleh Kasubag Perundang-undangan dan Humas Sekretariat DPRD DKI Jakarta, Purwana Ansyori beserta jajarannya. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?