20 Oktober 2021

Hari Radio Sedunia, Ibe : Kemajuan Teknologi Bukan Saingan Radio

2 min read

Ibnu Min Haji, Direktur LPPL Abdi Persada FM.

BANJARBARU – Perkembangan teknologi informasi saat ini memang jauh lebih pesat dari tahun tahun sebelumnya. Transformasi dari teknologi masa lalu menjadi teknologi yang lebih canggih mudah dan cepat.

Tidak dapat disangkal, bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak, adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi.

Salah satu media informasi yang sudah ada sejak jaman dulu, dan terus eksis hingga saat ini adalah perangkat jarak jauh yang di sebut radio.

Terlepas dari siapa penemu radio yang hingga saat ini masih diperdebatkan, ternyata radio mempunyai hari spesial bagi seluruh umat manusia, yaitu tanggal 13 Februari, yang mana diperingati sebagai World Radio Day (Hari Radio Sedunia).

Peringatan hari radio sedunia ini tentu saja harus dimaknai, dengan mengingat lagi bagaimana media ini menemani ratusan juta bahkan miliaran umat manusia di muka bumi ini, sejak dulu ketika keterbatasan media informasi masih sangat minim, hingga saat ini radio terus bisa beradaptasi dengan media sosial lainnya.

“Kami selaku pegiat radio di Kalimantan Selatan, sangat berbangga, karena radio hingga saat ini masih terus digemari,” ujar Direktur LPPL Abdi Persada 104,7 FM, Ibnu Min Haji.

Ibnu berujar, radio ini memang mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh media lain, karena radio bisa didengarkan dimana saja dan kapan saja, sembari melakukan aktifitas.

“Radio juga menjadi media pencetak sejarah, dimana radio sangat berperan ketika menyebarluaskan informasi mengenai kemerdekaan Indonesia pada saat itu,” jelas Ibe (panggilan akrabnya).

Mengenai pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, menurut Ibe, bukan menjadikan radio sebagai media yang kerdil dan merasa tersaingi, justru membuka peluang bagi radio untuk turut bersaing dengan memanfaatkan teknologi ini.

“Kemajuan teknologi ini semakin membuat luas jangkauan radio bertambah, karena bisa siaran melalui streaming,” ungkapnya.

“Bahkan saat ini siaran kami (Radio Abdi Persada) bukan hanya didengar, tetapi dapat dilihat, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi ini,” tambahnya.

Ibe berharap, radio akan terus eksis sampai kapanpun, mengingat radio adalah media yang dapat menjangkau di hampir seluruh wilayah, baik perkotaan maupun pelosok. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?