20 Oktober 2021

Balitbangda Kalsel Berhasil Tuntaskan Program 2019 Disektor Pengembangan

2 min read

Kepala Balitbangda Kalsel gelar rapat bersama Kepala Bidang di ruang rapat Kepala Balitbangda Kalsel, Selasa (4/1).

BANJARBARU – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalimantan Selatan berhasil menuntaskan kinerjanya di 2019. Hal ini, dibuktikan dengan pencapaian perannya dalam membantu dan mengembangkan 13 Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Selatan.

Rapat Program dan Kajian bersama di 2020 yang di mulai pada pukul 09.00 – 13.00 WITA, Selasa (4/2).

Kepala Balitbangda Kalsel, Muhammad Amin mengatakan, dalam menjalankan program kajiannya selama kurun waktu setahun di 2019 lalu, pihaknya telah menuntaskan 19 program untuk seluruh wilayah Kalimantan Selatan.

Kepala Balitbangda Kalimantan Selatan, Muhammad Amin.

“Untuk 2019, program yang kami jalankan sebanyak 19 di 13 Kabupaten dan Kota telah berhasil terlaksana 11 kajian, dan 8 program pengembangan wilayah Kalsel. Alhamdulillah seluruhnya sudah tercapai 100 persen,” tutur Kepala Balitbangda Kalsel, M. Amin, kepada Abdi Persada FM, Selasa (4/2).

Kendati demikian, lanjut Amin, selain pencapaian 11 program kajian yang telah dilaksanakan pihak Balitbangda Kalsel. Bahkan, hal ini lah yang membuat pihaknya akan terus menggenjot 8 program pokok di 2020 agar terealisasi.

“Dari keberhasilan program 2019 ini, kami juga¬† melaksanakan 8 kegiatan kajian atas permintaan dari 13 Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Amin menyampaikan, dalam target anggaran 2019 lalu, telah tercapai sebesar 94 persen. Ini dapat diartikan, realisasi fisik keuangan dari Balitbangda bisa dikatakan berhasil 100 persen.

“Artinya untuk pencapaian ini sudah tepat sasaran 100 persen, jadi kami harapkan pada 2020 mendatang 8 program baru yang akan dijalankan dapat maksimal,” ucapnya.

Selain itu, Balitbangda Kalsel saat ini juga masih terus mengembangkan program taman banua raya di kawasan lokasi Setdaprov Kalsel dan Inkupatur Bisnis Teknologi (IBT) yang mana pihaknya akan merekrut pengusaha-pengusaha di Banua atau yang lebih dikenal dengan tenan.

“Jadi Tenan yang dimaksudkan ini merupakan usaha produk khas kita di Kalsel, dan saat ini kami ada dua tenan binaan dilingkup Balitbangda Kalsel, nantinya akan kami kembangkan dan perkenalkan apabila ada kegiatan Expo di Kalsel yang dibina oleh IBT kita,” ujarnya lagi.

Untuk saat ini, disampaikan Amin, Balitbangda Provinsi Kalsel akan fokus dengan program serta kajian di 2020 yang ditargetkan.  Desember mendatang harus terealisasi 100 persen dari tahun sebelumnya. Maka, dalam hal itu, akan ada kajian serius yang tengah digarap pada Februari ini, dimana pelaksanaan program perencanaan pemekaran Kabupaten baru di Kalimantan Selatan yakni Gambut Raya, yang harus segera tercapai tepat pada waktunya. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?