20 Oktober 2021

Realisasi Penerimaan Pajak Mencapai 100 Persen, UPPD Samsat Tanjung Naikkan Target Pada Tahun 2020

2 min read

Suasana Rapat UPPD Samsat se Kalsel bersama Bakeuda dan Komisi II DPRD Kalsel, belum lama tadi

BANJARMASIN – Berbagai upaya dan program dilakukan oleh 14 Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Kalsel untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah. Salah satunya UPPD Samsat Tanjung.

Kepala UPPD Samsat Tanjung, Saifuddin ketika menghadiri rapat bersama Bakeuda dan Komisi II DPRD Kalsel di Banjarmasin, belum lama tadi, mengungkapkan pada tahun 2019, pihaknya menargetkan penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) sebesar Rp53 miliar lebih. Sedangkan realisasinya sebesar Rp54 miliar lebih atau mencapai 103 persen. Kemudian dari BBNKB ditargetkan sebesar Rp40 miliar lebih pada 2019 dan realisasi mencapai Rp42 miliar lebih atau 105 persen. Sedangkan pajak air permukaan ditargetkan sebesar Rp263 juta dan realisasinya mencapai Rp342 juta atau 130,05 persen. Serta pajak SP3 Dealer ditargetkan sebesar Rp284 juta dan realisasinya mencapai Rp376 juta lebih atau 32,30 persen.

“Sehingga akumulasi penerimaan pajak daerah pada tahun 2019 mencapai Rp100 miliar 810 juta atau 100,91 persen,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Saifuddin, pada tahun 2020 ini, UPPD Samsat Tanjung menaikkan target penerimaan PKB sebesar Rp90 miliar, BBNKB ditargetkan sebesar Rp46 miliar, target pajak air permukaan sebesar Rp390 juta dan target pajak SP3 Dealer sebesar Rp395 juta.

“Jadi target tahun 2020 ini mengalami kenaikan kurang lebih enam miliar rupiah dibandingkan tahun sebelumnya,” jelasnya.

Untuk mencapai target tersebut, Saifuddin menerangkan pihaknya melakukan berbagai upaya diantaranya dengan menambah jangkauan Samsat Keliling sebanyak tiga titik di Kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Kalua. Selain itu, memaksimalkan berbagai program yang sudah ada serta program andalan Samsat Layanan Malam yang sangat diminati oleh masyarakat.

“Samsat Layanan Malam ini membuka layanan pajak setiap malam Rabu dan malam Sabtu di beberapa pasar di Tanjung. Kami optimis bisa mencapai target pendapatan pajak tersebut pada tahun 2020 ini,” harapnya.

Saifuddin juga menyatakan bersyukur pihaknya memiliki kantor baru yang diresmikan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pada 2 Desember 2019 lalu. Namun ia berharap agar Pemda baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten dan pihak Legislatif bisa memberikan perhatian lebih terhadap sarana dan prasarana pendukung agar memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi para masyarakat ketika membayar pajak. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?