19 Oktober 2021

UPPD Samsat Banjarmasin I Lakukan Berbagai Program Untuk Tingkatkan Pendapatan Pajak Daerah

1 min read

Kepala UPPD Samsat Banjarmasin I, Anni Hanisyah

BANJARMASIN – Untuk meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah, Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Banjarmasin I melakukan berbagai upaya dan program.

Kepala UPTD Samsat Banjarmasin I, Anni Hanisyah mengatakan hingga kini pihaknya sudah memiliki beberapa layanan unggulan antara lain Samsat Keliling, Kedai Samsat Bergerak serta Samsat Antar Jemput. Selain itu menurutnya, pada tahun 2020 ini, Samsat Banjarmasin I akan menambah program pelayanan seperti Galuh Samsat Bergerak, One Day Service dan penambahan Gerai Samsat Bergerak.

“Kami berharap Komisi II bisa mendukung program Gerai Samsat Bergerak di Fly Over yang bangunannya sudah ada namun sarana dan prasarana nya belum ada,” harapnya.

Anni menambahkan memang ada kendala pencapaian target penerimaan pajak kendaraan bermotor diantaranya banyaknya mutasi kendaraan ke luar daerah karena berlakunya pajak progresif. Kemudian menurunnya minat masyarakat membeli mobil baru.

“Terbukti dari data kendaraan tahun 2018 ada 14.407 unit. Sedangkan pada 2019 menurun menjadi 13.886 unit,” jelasnya.

Serta proses balik nama kendaraan bermotor dianggap sulit oleh masyarakat karena memerlukan waktu sekitar tiga bulan baru BPKB bisa selesai.

Meskipun demikian, Anni optimis dengan berbagai inovasi dan pembenahan pelayanan, target pendapatan pajak pada tahun 2020 ini sebesar Rp172 miliar lebih, dapat tercapai. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?