25 Oktober 2021

Banjarbaru Siap Siaga Hadapi Bencana

2 min read

BANJARBARU – Kamis (30/1), meski cuaca hujan namun Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2020 tetap dilaksanakan di Lapangan Murjani Banjarbaru. Dalam apel Kesiapsiagaan Bencana ini, Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani bertindak sebagai Pembina Apel. Tampak pula Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah, unsur Forkopimda Kota Banjarbaru, Kepala SKPD Kota Banjarbaru serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani menyampaikan apresiasinya kepada semua peserta Apel yang tetap melaksanakan apel ini meskipun di bawah guyuran hujan.

“Semangat yang ditunjukkan oleh peserta apel dan juga seluruh pimpinan organisasi dan pimpinan daerah ini membuat kita optimis bahwa persiapan untuk menghadapi bencana, kita benar-benar siap,” ucap Nadjmi.

“Apel ini penting untuk mengingatkan sekaligus menyiapkan kita akan bencana yang setiap saat mengancam masyarakat dan daerah kita. Seperti ketika perubahan dari musim hujan ke musim panas akan ada angin puting beliung, ketika puncak kemarau akan banyak lahan-lahan yang terbakar dan ketika puncak hujan kita yang harus diwaspadai kawasan-kawasan yang mudah tergenang. Kita juga telah menyiapkan beberapa embung sebagai resapan air ketika curah hujan cukup deras,” tambahnya lagi.

Untuk mewujudkan kota tangguh bencana, menurut Nadjmi, diperlukan indikator yang tepat dan melibatkan multi stakeholder serta disesuaikan dengan resiko bencana dan karakteristik ancaman.

“Oleh karena itu, dirasa perlu kembali menyiapsiagakan seluruh perangkat pemerintah dan masyarakat, sekaligus untuk mengingatkan kita semua bahwa daerah kita ini berpotensi terdampak bencana setiap perubahan musim,” jelasnya lagi.

Nadjmi menambahkan, upaya pengurangan resiko bencana harus dilakukan secara terencana, terpadu dan berkesinambungan.

“hal ini membutuhkan kerjasama yang sinergis dan terarah. Sehingga dengan dilaksanakannya apel siaga ini, diharapkan dapat terbentuk aparatur dan masyarakat yang siaga dan siap menghadapi bencana yang mungkin semuanya dapat terjadi diluar dugaan kita,” tutupnya.

Untuk diketahui, apel kesiapsiagaan bencana ini juga merupakan salah satu upaya untuk menyiagakan kemampuan yang dimiliki SKPD terkait, agar penanganan bencana dapat dilaksanakan secara terencana, terkoordinasi dan terpadu sehingga penanganan bencana di kota Banjarbaru ini dapat dikerjakan secara cepat, tepat dan menyeluruh. (HUMBJB-RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?