28 November 2021

Seleksi CPNS Bawaslu Kalsel Tahun 2020, Dimulai

2 min read

Peserta CPNS Bawaslu Kalsel sedang melaksanakan tes seleksi sistem CAT di Aula BKN Banjarmasin, Rabu (29/1).

BANJARBARU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup kerja Bawaslu Kalsel, di Aula Kantor Regional VIII Banjarmasin Badan Kepegawaian Nasional (BKN), di Banjarbaru, Rabu (29/1).

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, Teuku Dahsya Kusuma Putra (Kanan), ketika memberikan konfirmasi kepada sejumlah wartawan terkait seleksi CPNS Bawaslu Kalsel

Diungkapkan Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalsel, Teuku Dahsya Kusuma Putra, dalam kegiatan seleksi yang berlangsung dari jam 16.30 hingga berakhir jam 18.00 WITA berjalan dengan sangat lancar.

“Alhamdulillah ya, sesuai jadwal yang kami agendankan hari ini berjalan sudah dengan sangat lancar,” katanya.

Kegiatan yang diagenda Bawaslu Kalsel dalam seleksinya itu, diikuti sebanyak 81 orang peserta dari berbagai daerah di provinsi Kalimatan Selatan. Bahkan, untuk total pelamar saat ini diseluruh Indonesia berjumlah 13.000 peserta.

“Dari 13.000 ini mereka akan memperebutkan 319 formasi yang ada di seluruh Indonesia dan itu bisa dicek nanti di website Bawaslu RI,” pungkasnya.

Dalam penyelenggaraan seleksi CPNS dilingkup Bawaslu dimasing-masing Provinsi daerah, Teuku, (sapaan akrab Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel) menjelaskan, bahwa untuk mengikuti kegiatan seleksi CPNS ini, peserta diwajibkan murni tidak masuk dalam partai politik manapun bahkan tidak boleh terdaftar sebagai ASN dilingkup wilayah provinsi masing-masing.

“Dalam hal ini, kami sudah berkoordinasi langsung dengan arahan dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu RI maupun biro Kepegawaian BKN Pusat, bahwa peserta tes tersebut murni tidak masuk dalam Parpol ataupun menjabat sebagai PNS,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Teuku, dengan instruksi dari pusat maka seketika pihak Bawaslu dari masing-masing daerah langsung melaksanakan pengecekan, akan tetapi, Bawaslu Kalsel bersyukur dari 81 pelamar sekaligus menjadi peserta tes CPNS dilingkupnya itu murni tidak terdaftar di Partai politik manapun.

“Bukan hanya murni tidak terlibat di parpol, dari 81 pelamar ini pun juga tidak terindikasi sebagai ASN,” ucap Teuku.

Meski jumlah formasi yang disebutkan Bawaslu Kalsel se Indonesia berjumlah belasan ribu pelamar, namun, Teuku menyebutkan, untuk formasi yang akan diisi di wilayah Kalsel belum dapat dikonfimasi karena pihaknya pun masih menunggu koordinasi serta informasi dari Bawaslu pusat.

Kepala Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Negara Banjarmasin, Ramdhani, SH, usai melakukan monitoring kepada peserta seleksi CPNS Bawaslu Kalsel

Sementara itu, Kepala Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Banjarmasin, Ramdhani, mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya pelaksanaan tes seleksi CPNS lingkup Bawaslu Kalsel, di BKN ini dapat berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah, untuk sistem seleksi CAT CPNS dilingkup Bawaslu Kalsel hari ini berjalan dengan lancar karena untuk kapasitas dari Aula kami yang kami sediakan cukup untuk seratus orang sedangkan peserta dari Bawaslu hanya berjumlah 81 orang dan dalam satu sesi saja,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Ramdhani, pelaksanaannya pun hingga sekarang masih bisa terkendali dan aman, dengan harapan kegiatan tersebut dapat berjalan lancar dengan seterusnya.

“Selama kegiatan dari hari ini, Alhamdulillah tidaj ada hambatan sama sekali,” pungkasnya. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?