16 Oktober 2021

PON 2020 Papua, Kalsel Targetkan 14 Emas

1 min read

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel saat memberikan keterangan pada wartawan

BANJARMASIN – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 akan digelar di Papua mulai 20 Oktober – 2 November 2020. Seluruh provinsi di Indonesia, tentunya sudah menyiapkan sejumlah atlet andalannya untuk mewakili daerah di Papua nanti, termasuk Provinsi Kalimantan Selatan. Tercatat ada 37 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON Papua ini, dan khusus Provinsi Kalimantan Selatan akan mengikuti 17 cabor. Hal itu seperti disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel Hermansyah, kepada wartawan baru-baru ini.

“Kita akan mengikuti 17 cabang olahraga pada PON Papua tahun ini. Dan ditargetkan mereka mampu membawa pulang 14 medali emas. Terutama pada sejumlah cabor andalan kita, seperti gulat dan menembak,” jelas Hermansyah.

Lebih jauh Hermansyah mengatakan, bahwa untuk PON tahun ini, Pemerintah Provinsi Kalsel sudah menyiapkan anggaran lumayan besar. Mengingat tempat pelaksanaan PON adalah di Papua, dimana diperlukan biaya transportasi terbilang besar.

“Anggaran yang kita siapkan terbagi dua. Sekitar 16 miliar rupiah untuk KONI, dan kurang lebih 30 miliar rupiah untuk Dinas Pemuda dan Olahraga. Diharapkan dengan dana ini, para atlet dapat memaksimalkan kemampuannya untuk membawa pulang medali,” harapnya.

Untungnya menurut Hermansyah, pihaknya sedikit terbantu dengan adanya 10 cabor yang tidak dipertandingkan di Papua, dan dialihkan ke Jawa Timur. Hal itu menyusul ketidaksiapan venue di Papua, untuk sejumlah cabor. Diantaranya softball dan tenis meja.

“Beberapa hari lalu Menpora dan Dinas Pora Jawa Timur bertemu, dan sepakat untuk menyelenggarakan 10 cabor yang dicoret di Papua. Ini membuat upaya pelatihan para atlet kita pada pra PON menjadi tidak sia-sia, karena mereka tetap dapat bertanding. Selain itu, biaya tranaportasi yang harus dikeluarkan juga menjadi lebih ringan,” tutupnya. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?