6 Desember 2021

Kalsel Jadi Tuan Rumah Kemah Bela Negara di Tingkat Nasional, Gubernur : Saya Senang dan Bangga

3 min read

Foto bersama Jajaran Kwarnas, Gubernur Kalsel dan Ketua Kwarda Kalsel.

BANJAR – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbrin Noor, mengaku senang dan bangga dengan kepercayaan yang diberikan pihak Kwartir Nasional (Kwarnas) kepada Provinsi Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah dalam kegiatan Kemah Bela Negara tingkat Nasional. Hal ini diungkapkan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, usai memberikan sambutan dalam perhelatan kegiatan pembukaan kemah Bela Negara tingkat Nasional dihadapan para tamu undangan, yang bertempat di lokasi wisata alam Kiram Park, Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Selasa (28/1).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan terkait kegiatan pelaksanaan Kemah Bela Negara, Selasa (28/1).

“Yang pasti saya sangat berterima kasih dengan pihak Kwarnas pusat sudah memberikan kepercayaannya kepada Kalsel sebagai tuan rumah di 2020 ini, salam Pramuka!,” ucapnya.

Tak hanya itu, lanjut paman Birin, sapaaan akrab Gubernur Kalsel, Ia juga akan siap berkontribusi secara penuh dalam kegiatan yang dihelat selama tiga hari berturut-turut, yang dimulai pada 28 – 30 Januari 2020 ini.

“Untuk kegiatan kemah tingkat Nasional ini, silahkan pakai tempat mana saja bebas. Karena, dalam hal ini, Pemprov Kalsel siap memback up apa saja yang diperlukan,” ujarnya.

Bukan hanya piawai dan lancar dalam melapalkan Dasa Dharma Pramuka dihadapan seluruh undangan yang dihadiri seluruh Kepala SKPD Provinsi Kalsel dan para jajaran Kwarnas pusat ini, paman Birin pun juga sudah mengkoordinasi dengan Dinas Kehutanan provinsi Kalsel untuk ikut serta berpartisipasi dalam memperlancar kegiatan tersebut.

Rakor dan Survey Kemah Bela Negara juga dihadiri oleh Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Hal yang mengejutkan lagi, paman Birin, juga menyebutkan, bahwa untuk peserta yang akan mengikuti kegiatan kemah bela negara ditingkat nasional ini berjumlah hampir sekitar tujuh ribuan lebih dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

“Ya betul, sekitar 7.600 orang lebih dari anggota Pramuka di seluruh Indonesia dan hal ini sangat saya apresiasi,” ungkap paman Birin.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah Sahbirin Noor, menyampaikan, dalam kegiatan yang digelar selama tiga hari ini, pihaknya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari agar kegiatan kemah bela negara untuk tingkat nasional ini bisa terlihat jauh lebih maksimal dan sukses.

“Yang pasti kami berharap untuk kegiatan ini melalui gerakan pramuka, Kalsel terpilih sebagai tuan rumah dalam skala nasional harus bisa sukses dalam pelaksanaannya,” tuturnya.

Dalam persiapannya, lanjut Raudatul Jannah, pihak Kwarda Kalsel terlebih dahulu sudah melakukan rapat koordinasi pembentukan panitia dari Kwarcab masing-masing daerah agar dalam pelaksanaannya nanti bisa lebih maksimal.

“Salah satu persiapan kami sebenarnya sebelum pelaksanaan, sudah berkoordinasi dengan Kwarcab masing-masing hingga terbentuk lah kepanitiaan karena tanpa dukungan dan bantuan dari mereka sendiri, kami pun tidak bisa sampai sejauh ini,” katanya.

Kemudian, lanjut Raudatul Jannah, terkait kegiatan yang digelar, pihaknya pun juga sudah melakukan peninjau di titik-titik mana saja acara tersebut dapat dilangsungkan, maka dari itu, melalui Rapat Koordinasi (Rakor) dirinya harus memaparkan kepada pihak Kwarnas agar nantinya dapat dengan mudah memahami pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Dalam rangka penguatan persiapan itu sendiri bersama Kwartir Nasional (Kwarnas) nanti akan kami tawarkan dimana saja titik yang mereka setujui. Nah, tinggal Kwarnas saja lagi untuk menyetujuinya, namun tujuan sebenarnya untuk Kalsel dalam pelaksanaannya harus sukses,”

Secara terpisah, Ketua Kwartis Nasional Pusat (Kwarnas), Kolonel Sunarto, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dalam pelaksanaannya di wilayah Provinsi Kalsel selama tiga hari kedepan. Bahkan, Ia berharap Kalsel dapat menjadi contoh bagi provinsi lain.

“Kami bangga pastinya, Kalsel mau menjadi tuan rumah dalam skala tingkat nasional. Perlu diketahui, Kak Odah¬† (sapaan akrab Raudatul Jannah Sahbirin Noor) ini merupakan andalan bagi Kwartir Nasional untuk bidang bela negara,” pungkas Ketua Kwarnas, Sunarto. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?