16 Oktober 2021

Gubernur Kalsel Kagum, Ribuan Jamaah Banjiri Haul Pertama Alm. Habib Umar bin Husien Al-Idrus

2 min read

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor bersama Bupati Tanah Laut, H Sukamta, sedang melakukan doa bersama jamaah Haul Habib Umar bin Husien Al-Idrus

TANAH LAUT – Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengaku kagum, melihat 4000 lebih jamaah Haul pertama alm. Habib Umar bin Husien Al-Idrus membanjiri serangkaian kegiatannya di Desa Lianganggang, Bati-bati, Tanah Laut, Sabtu (25/1). Bahkan, haulan perdana ini pun juga dihadiri jamaah dari berbagai wilayah di Kalsel.

Kekaguman ini diungkapkan Paman Birin (sapaan akrab Gubernur), saat menghadiri langsung haulan.

“Saya sangat kagum dan senang dengan adanya kegiatan perdana Haul Habib Umar bin Husien Al-Idrus yang dihadiri lebih dari 4000 jamaah dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, lanjut Paman Birin, kegiatan yang berlangsung di lokasi Desa Lianganggang, Bati-bati, Tanah Laut ini bukan hanya bisa mencuri perhatian lebih kepada para jamaah haul yang hadir dilokasi tersebut, tetapi juga merupakan wisata religius yang dapat diambil hikmahnya dibalik agenda besar itu.

Maka, dalam hal ini pun, Ia juga sempat mengingatkan agar setiap makhluknya bisa terus selalu mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa selain mengangumi para Aulianya.

“Tujuan kita ya mengabdi untuk Iilahirobbi yakni surga tujuan abadi untuk semuanya,” tutur Paman Birin.

Terkait hal yang sama, kegiatan ini pun direspon baik dan penuh oleh Bupati Tanah Laut Sukamta. Ia menyampaikan dengan adanya haulan perdana yang digelar di Desa Lianganggang, Bati-bati, di makam Habib Umar bin Husien Al-Idrus dapat memperkuat nilai-nilai religius dan keimanan sebagai pengagum Aulia Allah SWT.

“Yang pasti kegiatan ini dapat membangkitkan rasa cinta kita kepada Aulia Allah SWT. Beliau juga sudah mengajarkan tentang kebaikan dan semoga keberkahan selalu datang untuk kita semuanya,” ucap Sukamta.

Meski demikian, Sukamta menyebutkan, dalam kegiatan yang berlangsung ramai dan khusyuk dengan dikunjungi 4000 lebih jamaah pada haulan perdana ini, dirinya sangat mengapresiasi bahkan dirinya memastikan akan siap berkontribusi apabila tahun depan akan digelar kembali.

“Untuk tahun depan saya yakin bakal banyak lagi jamaah yang datang jadi untuk persiapan harus jauh lebih banyak lagi, untuk pihak keluarganya tolong nanti diberitahu lebih dulu sehingga untuk jalur koordinasinya dengan Pemkab Tanah Laut bisa lebih maksimal,” pungkasnya.

Secara terpisah, Relawan Panitia Haul pertama alm. Habib Umar Bin Husien Al-Idrus, Mashadi, mengungkapkan, dirinya tidak menyangka akan banyaknya jamaah dari beberbagai daerah yang datang untuk mengikuti Haulan perdana di lokasi tersebut.

“Untuk pertama kalinya kami tidak menyangka bisa sebanyak ini, dari hidangan yang disediakan sekitar 3000 porsi masih saja ada yang belum kebagian,” ucap Mashadi.

Ia menyampaikan, untuk pengalaman pertamanya sebagai panitia pelaksana pada tahun ini, dalam penyelenggaraannya pun Mashadi mengakui masih merasa kurang maksimal, namun, pada tahun selanjutnya nanti pihaknya akan segera berbenah dan mengevaluasi kekuarangan yang ada agar jemaah yang datang ke haulan kedua tidak akan kecewa lagi.

“Nanti kami akan benahi ini selagi Pemkab Tanah Laut terus mendukung, maka pengalaman pertama ini jadi pelajaran. Tahun depan untuk porsi hidangan akan kami tambah yang awalnya 3000 menjadi 5000 bahkan 6000 porsi nanti buat antisipasi,” jelasnya.

Kedepan menurut Mashadi, pihaknya akan beerkoordinasi lebih intens dengan pemkab setempat.

“Kami akan berkoordinasi lagi dengan Pemkab Tanah Laut terkait haul kedua. Alhamdulillah, terima kasih sudah diapresiasi oleh Bupati Tala dan Gubernur Provinsi Kalsel untuk kegiatan ini,” pungkasnya. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?