16 Oktober 2021

Kapolsek Banjarbaru Kota : Stop Hoax! Saring Sebelum Sharing

2 min read

Dialog Halo Polisi, Selasa (21/1) di studio Abdi Persada.

BANJARBARU – Radio Abdi Persada kembali kedatangan tamu dari jajaran Polres Banjarbaru pada Selasa (21/1). Kedatangan dari polres Banjarbaru tepatnya dari Polsek Banjarbaru kota ini, untuk mengisi dialog “Halo Polisi”, yang menyapa insan persada (sapaan pendengar Abdi Persada) setiap hari Selasa. Adapun tema yang diangkat dalam dialog yang dipandu oleh Ridho Syarif sebagai Host ini adalah “Stop Hoax”.

Hadir tiga Narasumber sekaligus dalam dialog yang berdurasi selama satu jam ini, yakni Kapolsek Banjarbaru Kota Purbo Rahardjo, Kasi Humas Polsek Banjarbaru Kota Supriyanto, serta Andreas yang juga sebagai bagian dari Humas Polsek Banjarbaru Kota.

Dalam pemaparannya, Kapolsek Banjarbaru Kota, Purbo Rahardjo mengakui, saat ini banyak media sosial yang memberikan informasi yang kurang tepat bahkan cenderung tidak benar atau hoax, sehingga masyarakat diharapkan dapat meningkatkan ketelitian ketika mendapatkan informasi, dan tidak langsung dibagikan tanpa adanya mencari tau terlebih dahulu.

“Dapat informasi, jangan langsung di sebar, cek dulu, ya intinya bijak lah dalam bersosial media, saring sebelum di sharing,” ujarnya.

Ditambahkan Kasi Humas Polsek Banjarbaru Kota, Supriyanto, penyebaran informasi keliru atau bahkan tidak benar ini terjadi pada beberapa waktu yang lalu, di wilayah hukum Polres Banjarbaru, tepatnya di Sungai besar, yakni tentang adanya kasus penculikan anak SD, yang dikatakan telah di culik oleh seseorang yang berprofesi sebagai Badut, namun setelah ditelusuri lebih dalam, ternyata hanya sebuah kesalahpahaman.

“Bukan diculik, tapi hanya salah paham, ini kan bahaya, informasinya sudah menyebar dimana-mana,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Kapolsek Banjarbaru Kota, Purbo Rahardjo, pihaknya saat ini telah memiliki tim, yang dinamakan “Patroli Cyber”, yang mana tugasnya adalah, untuk menindaklanjuti setiap akun media sosial, yang terindikasi melakukan penyebaran informasi tidak benar atau Hoax.

“Kalau sudah mengarah ke kejahatan, maka akan langsung di tindaklanjuti,” terangnya. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?