19 Oktober 2021

Momen Makan Durian Gratis, Pemprov Kalsel Raih Dua Penghargaan Sekaligus

3 min read

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor saat membuka dan meresmikan Festival Makan Durian Gratis dan Buah Lokal Kalsel

BANJAR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mencatat rekor baru dengan menyabet dua penghargaan dari Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (LEPRID) di Festival Makan Durian Gratis dan Buah Lokal Kalsel untuk kategori peserta terbanyak hingga durian terbanyak diacara tersebut.

Kegiatan ini dihelat di lokasi wisata alam Kiram Park, Karang Intan, Banjar, Sabtu (18/1) yang berlangsung meriah dengan dipenuhi puluhan ribu peserta dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan maupun wilayah Provinsi tetangga seperti Kalimantan Timur serta Kalimantan Tengah.

Dengan nomor urut 557 dan 558 dari LEPRID, Kalsel resmi sebagai pemecah dua rekor baru yakni kategori penonton terbanyak sekitar 24.000 orang dan 43.000 untuk durian terbanyak dalam Festival Durian gratis bersama Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, atau biasa disapa dengan paman Birin.

Hal ini diungkapkan oleh General Manager LEPRID, Visca Mahu, kepada sejumlah wartawan, pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya gelora rakyat yang digaungkan oleh Gubernur Kalsel, Paman Birin melalui kegiatan makan gratis buah lokal ini.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar di Kalsel oleh paman Birin, memang terpenting ialah bergerak,” ujar Visca.

Bahkan, pihaknya pun juga menyadari bahwa di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai potensi luar biasa, dimana bentuk ini sebagai wadah dalam menggerakan gelora rakyat.

“Jadi tidak sekedar peduli saja, tetapi juga Paman Birin ini sudah mempunyai gerakan yaitu gelorakan rakyat,” tuturnya.

Tak hanya itu, Ia menyampaikan, lewat apresiasinya LEPRID juga berhasil memberikan dua penghargaan di kegiatan itu dengan kategori peserta terbanyak dan pengumpulan durian terbanyak di lokasi wisata alam Kiram Park, Karang Intan, Banjar.

“Jadi tercatat ada dua pemecah rekor dikegiatan ini yaitu peserta terbanyak dan dengan durian terbanyak, untuk peserta terbanyak itu sekitar 24.000 orang serta 43.000 untuk durian terbanyak yang mendapatkan nomor prestasi 557 dan 558,” jelasnya.

Dalam hal ini, LEPRID sangat takjub dengan adanya antusias dari masyarakatnya dalam mengunjungi kegiatan festival itu beserta pengumpulan buah durian yang begitu banyaknya.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami menilai dari jumlah saja dan sudah dibantu oleh lembaga prestasi dunia, mulai peserta hingga banyaknya durian yang terkumpul,” tuturnya.

Ia mengakui, untuk rasa dari durian khas Kalsel ini, Visca pun sangat terpukau dengan rasa dan aroma yang dihasilkan oleh buah lokal ini. Hal itu lah yang termasuk menjadi nilai tambah dari penilaian LEPRID.

“Kami sudah beberapa kali mencicipi durian dari Kalsel luar biasa sangat enak-enak,” ungkap Visca.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, mengatakan, dirinya kaget melihat banyaknya peserta yang hadir untuk mengikuti festival makan gratis buah lokal yakni durian yang sudah Ia sediakan sekitar 43.000 itu.

“Yang pasti kaget ya, tak menyangka bisa sebanyak ini dan sangat mengapresiasi masyarakat yang hadir di sini,” pungkasnya.

Paman Birin mengungkapkan, untuk wilayah Kalimantan Selatan memang mayoritas penghasil durian namun juga masuk kategori sebagai pecinta buah lokal yang bearoma khas ini yakni durian.

“Di Kalsel bukan hanya penghasilnya saja tapi banyak sekali penikmatnya jadi sebenarnya mereka ini sangat menantikan adanya musim buah khas lokal ini yakni durian dengan dimakan bersama sangat nikmat sakali,” ucapnya.

Kendati demikian, pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan bangga sudah mendapatkan dua penghargaan yang baru pertama kalinya bisa diterima dihadapan puluhan ribu peserta yang menonton dan mencicipi buah durian tersebut.

Untuk diketahui, selain bisa menyantap durian gratis, masyarakat juga dipertontonkan berbagai jenis durian dari 13 Kabupaten/Kota untuk diikut sertakan dalam kontes Festival Makan Durian Gratis dan Buah Lokal Kalsel oleh Paman Birin. (MRF-RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?