16 Oktober 2021

2020, Gaji Guru Honorer Naik 800 Ribu

2 min read

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel saat memberikan keterangan pada wartawan, Senin (13/01)

BANJARMASIN – Kabar gembira. Akhirnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menaikkan gaji guru honorer tingkat SMA sederajat, sebesar 800 ribu rupiah, mulai awal tahun 2020 ini. Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, Muhammad Yusuf Effendi kepada wartawan, usai menghadiri HUT ke-67 SMA Negeri 1 Banjarmasin pada Senin (13/1).

“Keputusan menaikkan gaji guru honorer ini, tidak lepas dari kepedulian Paman Birin (sapaan khas Gubernur Kalsel Sahbirin Noor) pada kesejahteraan para guru. Beliau menyadari, gaji yang saat ini belum memenuhi hal itu, sehingga dibuatkan SK dan peraturan Gubernur untuk kenaikan gaji pada tahun ini. Kenaikan gaji itu sekitar 800 ribu, dari semula 1,5 juta per bulan naik menjadi 2,3 juta rupiah per bulan. Ini juga sesuai kemampuan APBD kita saat ini,” jelas lelaki yang biasa disapa Yusuf tersebut.

Lebih jauh Yusuf berharap, penggajian dengan nominal 2,3 juta rupiah ini, sudah dapat dibayarkan pada akhir Januari atau awal Februari nanti. Mengingat saat ini, Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur masalah gaji guru honorer ini, masih dalam proses di tingkat biro hukum.

“Saat ini penerbitan pergub jauh lebih rumit. Harus mendapat persetujuan langsung dari menteri dalam negeri. Saya berharap pihak biro hukum dan bagian yang mengurusi ini di dinas dapat segera membawa Pergub ini ke Kementrian, sehingga para guru honorer dapat segera digaji dengan nominal yang baru. Apalagi SK dan pergubnya sudah ditandatangani Gubernur, jadi tinggal menunggu persetujuan dari Menteri dalam negeri saja,” harapnya.

Namun nominal gaji sebesar 2,3 juta rupiah per bulan ini, hanya berlaku untuk guru honorer di tingkat SMA dan SMK negeri sederajat. Sementara untuk guru honorer yang mengabdi di sekolah swasta, disesuaikan dengan dana BOSDA yang diterima pihak sekolah tempat mereka mengabdi. Padahal jika dihitung-hitung, jumlah guru honorer di sekolah swasta di Kalsel mencapai 2.000 orang lebih, dimana total guru honorer di Kalsel mencapai sekitar 5.000 orang lebih. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?