20 Oktober 2021

Peringati Hari Lingkungan Hidup Nasional, Polda Kalsel Tanam Ribuan Pohon Di Komplek Perkantoran Pemprov

2 min read

Gubernur Kalsel (tengah, baju biru) berfoto bersama Kapolda (seragam polisi paling depan) dan seluruh peserta aksi penanaman pohon, sebelum melakukan penanaman pada Jum'at (10/01)

BANJARBARU –  Tahukah anda, 10 Januari diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Indonesia atau Hari Gerakan Menanam Sejuta Pohon. Gerakan satu juta pohon juga diperingati di seluruh dunia, sebagai bentuk kepedulian lingkungan dan menyadari pentingnya menanam serta melestarikan pohon. Hal itu pula yang dilakukan jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dengan program Polri Peduli Penghijauan, melalui penanaman pohon yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia oleh jajarannya. Termasuk Polda Kalimantan Selatan, yang menggelar penanaman pohon di areal aset mereka seluas 100 ribu meter persegi, di Kawasan Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel, pada Jum’at (10/01).

Hadir pada kegiatan ini Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, yang didapuk memimpin kegiatan penanaman di lahan seluas 10 hektar tersebut.

“Ini adalah bagian dari aksi Polri Peduli Penghijauan, yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Polda Kalsel melakukan penanaman 2.390 bibit pohon di areal asetnya ini, karena lahan ini masuk kategori kritis dan tidak produktif. Karena itu kita pilih tanaman buah-buahan untuk ditanam di lahan ini, harapannya saat markas Polda sudah terbangun di sini, maka kondisinya sudah asri dan hijau. Tentu saja, pohonnya juga menghasilkan buah yang dapat dinikmati jajaran, maupun masyarakat sekitar,” jelas Kapolda Kalsel Yazid Fanani usai menanam pohon Lengkeng di lokasi tersebut.

Gubernur Kalsel (tengah baju biru) berfoto bersama Kapolda (seragam polisi paling kanan) dan jajaran Bhayangkari Polda Kalsel, usai menanam pohon pada Jum’at (10/01)

Aksi penanaman oleh jajaran Polda Kalsel ini, diapresiasi positif oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, dan berharap tindakan ini dapat ditiru oleh lembaga atau instansi vertikal lainnya, gang juga memiliki aset di Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel.

“Saya himbau agar lembaga atau instansi lainnya juga melakukan penanaman pohon di lahan milik mereka. Sehingga tidak dibiarkan kosong dan ditumbuhi ilalang. Kalau ditanami, lahan menjadi produktif, dan saat nanti kantor sudah terbangun, maka lingkungannya sudah tertata asri dan hijau. Apalagi jika yang ditanam adalah pohon buah-buahan seperti Polda Kalsel hari ini (baca, Jum’at), yang mana buahnya dapat dinikmati bersama,” ujar Gubernur yang biasa disapa Paman Birin itu.

Pada kesempatan ini, Paman Birin diberikan kehormatan untuk melakukan penanaman secara perdana, yang kemudian berturut-turut diikuti Kapolda serta Ketua Bhayangkari Polda Kalimantan Selatan. Gubernur Kalsel menanam pohon Leci, diikuti Kapolda menanam pohon Lengkeng, serta Ketua Bhayangkari menanam pohon Jambu serta Nangka. Aksi penanaman ini, juga diikuti ratusan personil Polda Kalsel, WALHI dan juga masyarakat sekitar. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?