16 Oktober 2021

Pemprov Kalsel Apresiasi Festival Durian Yang Jadi Agenda Tahunan Pemkab Banjar

2 min read

Staff Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan Pembangunan Faried Fakhmansyah (Kiri), Bupati Kabupaten Banjar Khalilurrahman (tengah), Direktur Buah dan Florikultura Kementrian Pertanian RI Liferdi Lukman (kanan).

BANJAR – Rabu (8/1) bertempat di Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Pemerintah Kabupaten Banjar mengadakan Festival Durian Tahun 2020. Pada Festival Durian tersebut juga digelar kontes durian dan ditampilkan pula olahan makanan berbahan durian dan buah-buahan eksotik Banjar lainnya.

Pada Festival Durian yang diadakan Pemkab Banjar tersebut dihadiri oleh Direktur Buah dan Florikultura Kementrian Pertanian RI Liferdi Lukman, Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Faried Fakhmansyah, Bupati Kabupaten Banjar Khalilurrahman, serta jajaran SKPD lingkup Kabupaten Banjar.

Bupati Kab Banjar Khalilurrahman

Dalam sambutannya Bupati Banjar Khalilurrahman menyampaikan bahwa pihaknya mengharapkan dengan digelarnya Festival Durian ini, selain mencari varietas lokal durian untuk diusulkan menjadi varietas unggulan nasional, juga untuk memotivasi masyarakat petani yang berada di daerah sentra produksi buah-buahan.

“Melalui acara Festival Durian inilah akan dapat mengembangkan usaha ekonomi serta dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga masyarakat Kabupaten Banjar,” ucap Bupati yang akrab disapa guru Kholil ini.

Dilanjutkan guru Kholil, Kabupaten Banjar merupakan penghasil durian terbesar di Kalimantan Selatan dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Banjar bahwa beberapa varietas durian lokal di daerah Banjar sudah dilepas dan diakui sebagai varietas unggul nasional.

“Kami juga sudah mendaftarkan 10 varietas komoditi durian ke Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementrian Pertanian RI untuk diproses sebagai varietas unggul nasional. Varietas itu adalah Bamban Birin, Dodol Mascinta, Gading Abirau, Idangan Biih, Hintalu, Panyangat Kuning, Kuning Janar, Gantang 88, Si Kolam dan Si Penganten,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian RI Liferdi Lukman menyampaikan, bahwa pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan Festival Durian ini, dikarenakan berbagai buah dan tanaman yang ada di Kabupaten Banjar merupakan khas asli Indonesia dan Kalimantan terutama di Banjar.

“Saya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banjar sudah melaksanakan Festival Durian ini yang merupakan tahun keempat dilaksanakannya. Buah durian ini merupakan asli makanan Indonesia, durian memiliki protein tinggi apabila makan durian menambah semangat,” kata Liferdi Lukman.

Selain diapresiasi Kementerian RI, Festival Durian tersebut juga di apresiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalsel, hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Faried Fakhmansyah. Gubernur menyampaikan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terlaksana nya Festival Durian Tahun 2020.

Staff Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan Pembangunan Faried Fakhmansyah

“Kontes durian ini sebagai bentuk perhatian kita pada upaya pelestarian buah lokal dari daerah kita yang memiliki keunikan dan bahkan tidak ditemukan di Daerah lain di Indonesia,” ucap Faried membacakan sambutan Gubernur.

Faried melanjutkan bahwa suatu saat nanti pihaknya mengharapkan buah-buahan lokal asal Kalimantan Selatan dapat diolah dengan baik dan bisa dikemas agar menjadi daya tarik wisatawan.

“Jika festival di Jember bisa mendunia, kenapa kita ragu untuk menduniakan kontes buah durian dan buah lokal lainnya yang khas dari daerah kita,” ucapnya.

Menutup sambutan Gubernur Kalsel, Faried mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menyebarkan buah lokal di Kalimantan Selatan diberbagai tempat dan berbagai media sosial. (MRF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?