25 Oktober 2021

Diskominfo Kalsel Siapkan Bidang Yang Tangani Siber

1 min read

Suasana RDP Komisi I DPRD Kalsel bersama Diskominfo Kalsel di Banjarmasin, Kamis (02/01).

BANJARMASIN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sedang menyiapkan pengembangan bidang yang menangani masalah siber demi pengamanan di daerah.

Kepala Diskominfo Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai mengatakan hal ini dilatarbelakangi keinginan Pemerintah Pusat melalui Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) agar tim keamanan informasi atau yang dikenal dengan sebutan Government Cyber Security Insiden Response Team (Gov – CSIRT) ini juga berada di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

“Karena serangan siber kepada pemerintah Indonesia semakin meningkat, hampir 2,5 juta selama tahun 2018 lalu. Sedangkan di tahun 2019 serangan siber juga semakin meningkat, khususnya dari China dan Rusia,” katanya.

Untuk itu, lanjut Rifai, karena banyaknya serangan siber maka diminta pengamanan tidak hanya dipusat melainkan juga di daerah.

“Sehingga tupoksi kedepan, akan dinaikkan menjadi Kabid dalam rangka kelancaran koordinasi,” jelasnya.

Meskipun demikian, pada saat ini, Diskominfo lebih fokus pada tugas dan fungsi yang masih sama seperti tahun sebelumnya walaupun ada rencana perubahan SOTK dengan menambah bidang tersebut.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Rachmah Noorlias ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan hal itu.

“Jadi ada usulan perubahan SOTK, mengembangkan dari empat bidang menjadi lima bidang, khususnya masalah siber. Nanti akan dibahas Perdanya,” ujarnya.

Selain itu, Dewan memberikan apresiasi atas kinerja Diskominfo Kalsel yang dinilai cukup baik pada tahun 2019 lalu. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?