NewsProvinsi Kalsel

2020, Pemprov Kalsel Akan Bangun Masjid Bambu

Alokasi Anggaran Capai 15 Miliar

BANJARMASIN – Pada Tahun 2020 ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas PUPR akan membangun Masjid berarsitektur Bambu. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung rencana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang meliputi daerah Kiram, Taman Hutan Rakyat (Tahura), Mandiangin dan sekitarnya.

Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan rencananya masjid berarsitektur bambu tersebut akan dibangun di Desa Kiram Kabupaten Banjar dengan alokasi anggaran sebesar Rp15 miliar pada tahun ini.

“Struktur utama Masjid Bambu ini menggunakan beton dan kemudian dilapisi bahan bambu sebagai variasinya,” jelasnya.

Menurut Roy, dipilihnya bahan bambu ini dilihat dari sisi keberlanjutan dan material lokal yang ada di wilayah Kalsel dan banyak juga bambu yang akan dimanfaatkan. Selain lebih etnik, Masjid Bambu ini menyatu dengan alam.

“Pembangunan Masjid Bambu yang luasnya sekitar 200 meter persegi dengan kapasitas sebanyak 400 orang jamaah ini┬áditargetkan bisa rampung selama 10 bulan,” katanya.

Roy menambahkan keberadaan masjid berarsitektur bambu ini dinilai sangat penting sebagai salah satu fasilitas pendukung pariwisata dimana di areal tersebut juga kekurangan masjid yang relevan. Selain itu, masjid tersebut bisa menjadi salah satu ikon pariwisata di kawasan tersebut. (NRH/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat