25 Oktober 2021

Awal Tahun 2020, Kota Banjarmasin Diserang Sampah Kiriman

1 min read

Sampah kiriman memenuhi Sungai Martapura dibawah Jembatan Pangeran Antasari.

BANJARMASIN – Kota Banjarmasin dengan Sungai Martapuranya, diawal tahun 2020 ini dipenuhi sampah kiriman dari daerah hulu.

Sampah kiriman tersebut, memenuhi Sungai Martapura yang berada di bawah Jembatan Pangeran Antasari, Kamis (2/1).

Kepala Bidang Sungai Dinas PUPR kota Banjarmasin Hizbul Wathony menyampaiakan, sampah kiriman yang diterima Kota Banjarmasin ini, sama seperti tahun sebelumnya, saat musim hujan terjadi.

“Sampah kiriman tersebut, menumpuk menjadi pampangan, sehingga menutup akses transportasi sungai,” ujar Thony.

Menurut Thony, untuk membersihkan pampangan sampah kiriman tersebut, di awal tahun ini tidak bisa maksimal. Karena, kapal sapu-sapu tidak bisa digunakan.

“Kapal sapu-sapu, tidak bisa digunakan¬† karena belum ada kontrak lanjutan penyewaan kapal pembersih sampah di sungai tersebut dengan pihak ketiga,” ucap Thony.

Untuk itulah, lanjut Thony, pihaknya menurunkan 46 orang pasukkan turbo untuk membersihkan pampangan tersebut, agar bisa membuka jalan transportasi air.

“Kami sedang mengupayakan membersihkan pampangan sampah kiriman tersebut,” ujar Thony.

Thony berharap, untuk penanganan  sampah kiriman tersebut, tidak hanya ditangani oleh Pemerintah Kota Banjarmasin, namun juga ditangani oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, serta Pemkab Banjar. Sehingga persoalan ini tidak terjadi setiap tahunnya. (SRI/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?